XL Axiata Kenalkan SKKL BaSICS, Ini Kelebihannya

Suara.com – XL Axiata Business Solutions (XLABS) mengenalkan Sistem Komunikasi Kabel Bawah Laut (SKKL), Batam Sarawak International Cable System (BaSICS) kepada pelaku usaha di Batam dan Pontianak, Kalimantan Barat, belum lama ini.

XL Axiata memperkenalkan keberadaan SKKL BaSICS ini kepada kalangan pelaku usaha di Batam dan Pontianak.

Read More

Keberadaan SKKL ini merupakan solusi dari XL Axiata melalui XLABS sebagai mitra layanan ICT terpercaya bagi para pelaku usaha di kedua area tersebut.

Kehadirannya untuk bisa lebih mengembangkan lagi bisnis mereka, terutama usaha berbasis layanan digital yang membutuhkan akses lebih luas dan jaringan international yang baru.

Selainitu juga memiliki sejumlah keunggulan, yang bisa dimanfaatkan secara langsung oleh para pelaku usaha di Kepulauan Riau dan Kalimantan Barat, khususnya dan umumnya di Sumatera serta Kalimantan.

SKKL BaSICS memberikan koneksi internet melalui SKKL antara Sumatera – Batam – Kalimantan – Sulawesi dengan performancy dan latency yang lebih cepat.

Ilustrasi internet. (freestock.com)

SKKL ini juga menjadi alternative gateway international bagi jaringan internet Indonesia untuk terhubung langsung ke luar negeri, yaitu menuju Kuching di Sarawak dan Hongkong.

SKKL ini juga menambah keragaman alternatif koneksi ke beberapa POP/HUB di Asia, yang juga akan akan mendukung kebutuhan jaringan internet berkualitas tinggi untuk Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Workshop dan Innovation update yang diadakan di Batam dan Pontianak dihadiri oleh ISP dan Digital Partner yang membutuhkan jaringan domestik dan international.

Beberapa materi workshop yang disampaikan mengenai infrastruktur, kapasitas dan kualitas jaringan.

Jaringan koneksi yang baru untuk dometik dan international, International POP Kuching dan Hongkong.

Koneksi antara pulau pulau besar Indonesia di Sumatera dan Kalimantan.

Dukungan atas pelaku usaha internet dan digitalisasi. Sejak mulai dioperasikan pada 1 Juni 2022.

XL Axiata mengambil langkah strategis dengan membangun proyek SKKL BaSIC dengan menghubungkan Batam di Indonesia dan Kuching di Malaysia yang selanjutnya terhubung melalui kabel darat ke Pontianak di Kalimantan Barat.

Sesuai dengan komitmen XL Axiata menyediakan infrastruktur untuk akses internet global yang lebih baik.

Ilustrasi BTS XL Axiata. [XL Axiata]
Ilustrasi BTS XL Axiata. [XL Axiata]

Dengan demikian, keberadaan kabel bawah laut yang baru ini juga menjadi bagian dari upaya XL Axiata.

Langkah ini demi mendukung visi pemerintah dalam mendorong pemanfaatan teknologi digital oleh masyarakat Indonesia melalui jaringan yang internet cepat yang berkualitas tinggi.

Pembangunan kabel dimulai pada 2021, dapat digunakan pada tanggal 1 Juni 2022 dan sudah terkoneksi penuh ke Pontianak di akhir tahun 2023.

Dalam implementasi nya, XL Axiata berkerjasama dengan partner di Sarawak, Malaysia yaitu PT. Telecommunication Sdn Bhd (IRIX).

SKKL BaSIC membentang lebih dari 700 km. SKKL BaSIC ini akan mengaktifkan mencapai kapasitas maksimum 48 Tera.

Manajemen XL Axiata yakin jaringan dengan kapasitas besar dan relatif aman dari jalur gempa ini akan cukup menarik secara komersial seiring dengan pesatnya pertumbuhan trafik data saat ini dan di masa mendatang.

Keberadaan SKKL BaSICS ini memberikan dampak langsung pada kualitas layanan internet bagi pelanggan dan pelaku usaha.

Sumber: www.suara.com

Related posts