Walkot Bobby Pastikan Medan Zoo Akan Ditutup Sementara

Kebun Binatang milik Pemkot Medan, Medan Zoo sering mendapat sorotan dari pemerhati satwa liar karena pengelolaannya tidak memenuhi unsur animal welfare.


Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Medan Zoo di Sumatera Utara bakal ditutup oleh Wali Kota Medan Bobby Nasution. Penutupan itu, kata Bobby, karena pembangunan akan dilakukan di Medan Zoo.

Belakangan Medan Zoo menjadi sorotan karena kondisi yang memprihatinkan dan tak terawat. Sederet masalah terungkap di Medan Zoo, dari mulai kematian tiga ekor harimau dalam dua bulan, utang untuk pakan satwa, gaji pegawai yang belum dibayar selama empat bulan, hingga satwa-satwa yang sakit.

Bobby mengaku telah bertemu dengan Ketua Umum Lembaga Konservasi Perhimpunan Kebun Binatang se-Indonesia (PKBSI) Rahmat Shah. Dalam pertemuan itu, mereka menyepakati untuk menutup Medan Zoo untuk sementara.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kita sudah sepakat, sudah menyampaikan kepada Ketua Pertimbangan Kebun Binatang Pak Rakhmat Shah, kita akan tutup itu,” ujar Bobby Nasution di Medan, seperti dilansir detikSumut, Kamis (18/1).

Kendati mengatakan akan menutup Medan Zoo untuk pembangunan, Bobby tidak merinci pembangunan seperti apa yang akan dilakukan untuk kebun binatang legendaris di Sumatera Utara tersebut.

“Kita akan tutup Medan Zoo, tapi karena pembangunan,” kata Bobby.

Menantu Presiden Joko Widodo tersebut juga tidak membeberkan tanggal tepatnya Medan Zoo mulai ditutup. Dia hanya menyatakan penutupan dilakukan dalam waktu dekat.

“Kita akan tutup Medan Zoo, tapi karena pembangunan. Sebentar lagi kita mulai pembangunannya,” pungkasnya.

Medan Zoo merupakan salah satu unit usaha milik Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pembangunan Kota Medan. Sebelumnya, juga terdapat saran dari WALHI agar Medan Zoo ditutup sampai bisa memenuhi standar pengelolaan satwa.

(wiw)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts