Wajib Catat, Ini 5 Cara Menyimpan Durian yang Sudah Dibuka

Cara menghilangkan bau durian di mulut dan tangan cukup mudah. Ikuti cara-cara berikut dan jejak durian pun akan lenyap setelah bersantap.

Read More
Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Penggemar durian harus tahu bagaimana cara menyimpan durian yang sudah dibuka agar lebih awet. Simak caranya berikut ini.

Bagi penggemar ‘si raja buah’, makan durian tentunya seperti surga dunia. Namun, tak semua orang menyukai aroma durian yang khas dan menusuk.

Jika Anda membeli durian namun tak ingin segera memakannya, tentu Anda harus mencari cara agar durian yang sudah dibuka tersimpan rapi, tanpa mengganggu penciuman orang lain.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam penyimpanannya, durian juga memerlukan cara khusus agar tidak mudah busuk dan tetap segar.

Lantas, bagaimana cara menyimpan durian yang sudah dibuka?

Cara menyimpan durian

Berikut ini sejumlah cara menyimpan durian yang sudah dibuka melansir berbagai sumber:

1. Simpan di suhu yang tepat

Mengutip Savory Suitcase, suhu dan kelembapan yang tepat merupakan faktor penting dalam penyimpanan durian. Suhu ideal untuk penyimpanan durian adalah sekitar 13-15 derajat celcius.

Suhu dingin ini membantu memperlambat proses pematangan dan memperpanjang umur simpan buah. Hindari menyimpan durian pada suhu di bawah 10 derajat celcius karena dapat menyebabkan kerusakan serta memengaruhi rasa dan tekstur.

2. Perhatikan tingkat kelembapan

Durian tumbuh subur di lingkungan dengan kelembapan tinggi, jadi usahakan tingkat kelembapan sekitar 80-90 persen. Ini membantu mencegah buah mengering dan menjaga kesegarannya.

Untuk menjaga kelembapan yang diinginkan, Anda bisa menggunakan pelembap udara atau meletakkan nampan berisi air di dekat durian.

Ingat, menjaga suhu dan kelembapan yang tepat akan memastikan durian Anda tetap segar dan lezat untuk waktu yang lebih lama.

3. Masukkan dalam wadah kedap udara

Cara menyimpan durian yang sudah dibuka selanjutnya adalah dengan memasukkan dagingnya ke dalam wadah kedap udara. Pastikan wadahnya bersih dan kering untuk mencegah kelembapan yang menyebabkan pembusukan.

Anda juga bisa membungkus daging durian rapat-rapat dengan plastik wrap sebelum dimasukkan ke dalam wadah untuk perlindungan tambahan.

4. Pisahkan daging durian dari bijinya

Untuk menjaga ketahanan dari durian yang sudah terbuka ini, pisahkan daging dan bijinya dalam tempat yang terpisah. Tujuannya untuk menghindari adanya kontaminasi zat daging durian dari bijinya.

Selain itu, ini juga membuat daging durian lebih lembut ketika disimpan di dalam kulkas.

5. Jangan biarkan terlalu lama di suhu ruang

Menukil Style Degree, durian lebih cepat matang dan rusak di tempat yang panas dan lembap, karena itu Anda tidak disarankan menyimpannya pada suhu ruangan terlalu lama. Simpanlah durian di kulkas atau freezer.

Itulah 5 cara menyimpan durian yang sudah dibuka. Semoga membantu.

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts