Viral TikTok Makan Permen Asam Sebelum Olahraga, Efektifkah?

Berikut cara mengecilkan paha yang bisa Anda coba. Latihan ini perlu dilakukan secara rutin dan diimbangi dengan diet sehat.

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Viral di TikTok kalau makan permen sebelum olahraga membuat mereka lebih berenergi. Hal ini terdengar mengada-ada tapi sebenarnya cukup efektif.

Tidak semua tren di TikTok bisa diikuti begitu saja. Namun tren makan permen asam sebelum olahraga ternyata bukan hal buruk. Personal trainer Rachel Trotta berkata dalam hal hal nutrisi olahraga, makan permen asam memang valid.

“Permen seperti gummy bears telah lama jadi makanan pokok para atlet,” kata Trotta seperti dilansir dari Well and Good.

Kok bisa permen asam efektif meningkatkan energi selama berolahraga?

Karbohidrat atau gula adalah sumber energi besar buat tubuh. Ahli diet olahraga Alex Larson menjelaskan tubuh akan menyimpan karbohidrat sebagai glikogen di otot untuk digunakan sebagai sumber energi selama latihan. Saat simpanan glikogen habis, energi berkurang.

“Mengambil sumber energi yang cepat, seperti gula dari permen akan menawarkan dorongan yang dibutuhkan untuk terus berlatih,” imbuhnya.

Jika ingin mencoba tren ini, sebaiknya makan permen 15-45 menit sebelum olahraga. Kemudian pilih jenis permen yang tepat. Pemilihan permen asam bukan tanpa alasan.

Permen asam secara umum bebas lemak sehingga gula dengan cepat diubah jadi energi. Kandungan lemak dan protein membuat proses ini melambat. Dengan kata lain, sebaiknya Anda tidak memasukkan cokelat sebagai ‘pre-workout meal’.

Akan tetapi, buat orang dengan hipoglikemia (gula darah rendah) sebaiknya hati-hati. Praktik tren ini bisa membuat gula darah melonjak dan drop dengan cepat sehingga bisa mengganggu latihan.

Selain permen asam, ada beberapa makanan terbaik yang bisa dikonsumsi sebelum berolahraga. Seperti dilansir dari Times of India, Anda disarankan untuk mengonsumsi oatmeal, nasi merah dengan ayam, protein shakes, pisang, yogurt atau roti isi selai kacang.

(els/chs)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts