Viral di TikTok, Simak Baik-baik 5 Bahaya Mandi Lumpur Berikut Ini

Viral sejumlah siaran langsung di TikTok yang mempertontonkan aksi mandi lumpur. Amankah mandi lumpur untuk dilakukan? Apa saja bahaya mandi lumpur?

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Belum lama ini, viral sejumlah siaran langsung di TikTok yang mempertontonkan aksi mandi lumpur. Dalam video tersebut, beberapa orang, kebanyakan ibu-ibu lansia, merendam tubuhnya di dalam bak berisi campuran air dan lumpur.

Banyak pula yang bertanya-tanya, apakah ada bahaya dari fenomena mandi lumpur TikTok?

Orang-orang yang disebut melakukan aksi ‘ngemis online‘ ini juga menyiram tubuhnya dengan lumpur bila penonton siaran memberikan koin. Semakin banyak koin yang diberikan, semakin banyak pula jumlah lumpur yang disiramkan.

Namun, aksi seperti itu nyatanya memiliki konsekuensi pada kesehatan. Dokter spesialis kulit dan kelamin Arini Astari Widodo mengatakan, risiko yang mungkin terjadi dari aksi ini adalah timbulnya penyakit-penyakit infeksi yang dapat masuk melalui kulit.

“Penyakit infeksi terutama mudah terjadi pada kulit yang tidak intak (utuh). Misalnya kulit yang tergores, luka, baret akibat digaruk, dan lainnya,” kata Arini kepada CNNIndonesia.com, Kamis (19/1).

Bahaya mandi lumpur

Infeksi yang dapat terjadi, lanjut Arini, bisa berupa infeksi bakteri yang masuk ke kulit yang tidak intak, infeksi jamur, infeksi parasit, atau manifestasi penyakit kulit akibat hewan yang berhabitat di lumpur tersebut.

Berikut beberapa bahaya mandi lumpur yang perlu diketahui.

1. Kurap

Arini menjelaskan, salah satu infeksi yang sering terjadi adalah infeksi jamur seperti tinea corporis atau dengan bahasa awam adalah kurap. Kondisi ini merupakan infeksi kulit jamur superfisial pada tubuh yang disebabkan oleh dermatofita.

Kondisi ini secara khusus ditentukan oleh lokasi lesi yang biasanya muncul di batang tubuh, leher, lengan, dan kaki.

“Dalam kasus yang jarang terjadi, kurap dapat menyebar ke manusia melalui kontak dengan tanah yang terinfeksi jamur jenis tinea tersebut,” jelas Arini lebih lanjut.

Kurap biasanya akan ditandai dengan beberapa gejala seperti bercak merah berbatas tegas dengan tepi aktif. Terkadang, bercak merah ini juga terasa gatal.

Simak bahaya mandi lumpur lainnya di halaman berikutnya..



Bahaya mandi lumpur lainnya

BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts