Viral di TikTok, Benarkah Manfaat Spearmint Tea untuk Jerawat?

Viral penjelasan seorang creator di TikTok mengenai manfaat minuman herbal spearmint tea untuk mengatasi jerawat hormonal. Benarkah demikian?

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Baru-baru ini viral penjelasan seorang creator di TikTok mengenai manfaat minuman herbal spearmint tea untuk mengatasi jerawat hormonal. Benarkah demikian?

Spearmint tea sendiri adalah teh yang diseduh dari daun tanaman spearmint yang juga dikenal dengan nama Mentha spicata.

Tanaman ini memiliki bunga kecil yang runcing berwarna merah muda, putih, atau lavender. Daunnya memiliki aroma mint yang manis.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Mengutip Healthline, spearmint tea memang memiliki beberapa khasiat yang menjadikannya pengobatan yang baik untuk beberapa jenis jerawat.

Kandungan spearmint tea




Ilustrasi. Dipercaya punya manfaat untuk mengatasi jerawat, apa saja kandungan spearmint tea? (iStockphoto/MKucova)

Ada sejumlah kandungan spearmint tea yang dipercaya dapat mengatasi jerawat. Apa saja?

1. Kaya akan antioksidan, anti-inflamasi, dan antibakteri

Sebuah studi pada 2014 dalam Journal of Medicinal Food, menemukan bahwa spearmint tea mengandung senyawa yang disebut polifenol, khususnya asam rosmarinic yang memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri.

2. Bersifat anti-androgen

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal Phytotherapy Research pada 2010 menunjukkan bahwa spearmint tea memiliki sifat anti-androgen.

Androgen adalah hormon pria, termasuk testosteron. Kelebihan hormon tersebut dapat menimbulkan jerawat pada sebagian orang, terutama remaja, karena menyebabkan produksi sebum berlebih yang dapat menyumbat pori-pori.

Penelitian menunjukkan bahwa teh spearmint memiliki sifat anti-androgenik, yang berarti bahwa pada jerawat, efek anti-androgen termasuk berkurangnya produksi sebum.

Ini bisa menjadi hal yang baik bagi mereka yang memiliki kulit rentan berjerawat karena kelebihan sebum dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, kulit berminyak, dan berjerawat.

Benarkah efektif menghilangkan jerawat?




Acne pimple problem on nose in Asian woman skin face close up.Ilustrasi. Ahli menjelaskan manfaat spearmint tea untuk mengatasi jerawat. (iStockphoto/Pornpak Khunatorn)

Manfaat spearmint tea untuk jerawat sebagian besar masih bersifat anekdot dari orang-orang yang telah mencoba pendekatan tersebut.

Penelitian menunjukkan khasiat yang dapat bermanfaat bagi kulit, namun sulit untuk memprediksi bagaimana teh spearmint dapat mempengaruhi kulit.

Belum ada penelitian yang mencatat berapa banyak atau berapa lama spearmint tea harus diminum, sehingga sulit untuk mengatakan apakah pendekatan ini akan berhasil.

Melansir Byrdie, dokter kulit klinis dan pendiri Epionce Skincare, Carl Thornfeldt, mencatat penggunaan spearmint tea untuk mengatasi jerawat telah mendapatkan pujian.

“Telah didokumentasikan bahwa spearmint adalah yang paling ampuh dari berbagai jenis mint dalam membunuh bakteri dan jamur penyebab penyakit kulit,” kata Carl.

“Selain itu, spearmint memiliki aktivitas anti-inflamasi paling banyak dibandingkan varietas mint,” lanjutnya.

Selain itu, sebuah studi pada 2015 yang dilakukan oleh American Academy of Dermatology, menemukan bahwa dua cangkir spearmint tea organik yang dikonsumsi setiap hari mengurangi lesi inflamasi jerawat sebesar 25 persen setelah satu bulan dan sebesar 51 persen setelah tiga bulan. Teh spearmint pun tidak menimbulkan efek samping.

Meski demikian, jika Anda ingin membuktikan sendiri manfaat spearmint tea untuk mengatasi jerawat, Anda bisa mencobanya di rumah. Dan sebaiknya konsultasikan penggunaan tersebut kepada dokter kulit terpercaya.

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts