Usai Pegunungan Hijau, Kini Muncul Danau di Area Tandus Arab Saudi

Banyak warga Arab Saudi yang mendatangi danau dadakan di Wadi Al-Rummah, yang muncul akibat hujan deras yang cukup lama tersebut.

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Arab Saudi belakangan tengah mengalami fenomena alam yang berbeda dari biasanya. Setelah sebelumnya di Makkah Al Mukarramah yang kering dan tandus ditumbuhi rerumputan hijau nan asri, baru-baru ini, di Wadi al-Rummah, Arab Saudi, sejumlah danau dan sungai secara mendadak muncul.

Kemunculan danau dan sungai terjadi setelah wilayah Arab Saudi diguyur hujan deras yang berlangsung cukup lama. Padahal, sebelumnya, area tersebut adalah wilayah tandus.

Setelah perubahan dari area tandus menjadi danau, warga setempat kemudian menjadikan lokasi itu sebagai tempat tamasya dan bersenang-senang. Karena danau yang muncul berukuran cukup luas, pemain jet ski dan penunggang kuda pun memanfaatkannya.

Seperti dilansir Al Arabiya News, ratusan orang berkunjung ke danau itu. Selain ada yang menunggang kuda dan bermain jet ski, warga lain terlihat menyaksikan aktivitas warga lain. Ada pula yang tampak memainkan layang-layang di atas air.

Dalam video yang tersebar di media sosial, warga Arab Saudi berbondong-bondong datang ke Wadi al-Rummah. Sejumlah orang juga tampak mendayung di atas perahu karet melintasi danau itu

Akibat kemunculan danau di wadi ini, jalan raya menuju wadi macet parah, karena ternyata banyak warga yang mengendarai mobil pribadi ingin berkunjung ke danau dadakan tersebut.

Wadi sendiri adalah salah satu lembah sungai terpanjang di Jazirah Arab. Permukaan air di wilayah wadi naik usai hujan deras yang mendesak pihak berwenang Arab Saudi meminta warga tetap di rumah akibat cuaca ekstrem itu.

Namun, munculnya perairan di Wadi al-Rummah ini sebenarnya bukan fenomena yang pertama kali di Arab Saudi. Meski begitu, fenomena kemunculan danau ini hanya terjadi tiga kali setiap 100 tahun.

Hal itu berdasarkan studi geologi yang mengungkap kejadian serupa yakni di era 1900-an pada tahun 1945, 1982, 1987. Kemudian lembah sungai Wadi dipenuhi air juga terjadi pada era 2000-an tepatnya pada 2004, 2008, dan 2018.

Pada 1987, genangan air di Wadi ini muncul selama 22 hari, sedangkan pada 2008, danau dadakan muncul selama 17 hari. Untuk tahun ini, belum diketahui berapa lama genangan akan bertahan.

Tapi, Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi telah mengumumkan bahwa hujan deras disertai angin kencang akan melanda sejumlah wilayah seperti Mekkah, Jeddah, Rabigh, Taif, Jamum, al-Kamil, Bahra, Khulais, al-Laith, al-Qunfudhah, al-Ardiyat, Adham al-Baha, Medina, al-Qassim, Riyadh, dan Asir.

(wiw)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts