Ulah Wisatawan Bikin Rumah ‘Surga’ Abah Jajang Kotor Dipenuhi Stiker

Empat kaca jendela rumah


Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Setelah sempat viral pada Maret 2023 hingga didatangi banyak wisatawan, rumah ‘surga’ Abah Jajang¬†menjadi kotor dan halamannya rusak, karena membludaknya pengunjung.

Namun, rumah ‘surga’ Abah Jajang kembali asri lagi setelah kedatangan wisatawan tidak membludak seperti ketika saat viral di media sosial.

Meski begitu, ada yang berbeda dari rumah Abah Jajang. Jendela rumahnya sekarang dipenuhi stiker dari pengunjung. Stiker-stiker itu menutupi nyaris seluruh kaca jendela rumah tersebut.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hal itu membuat pemandangan ‘surga’ Curug Citambur dari jendela rumah Abah Jajang menjadi tidak terlihat dari dalam rumah.

Stiker-stiker tersebut ditempel oleh berbagai komunitas wisatawan yang berkunjung ke rumah Abah Jajang. Sebanyak empat kaca jendela rumah itu penuh dengan stiker yang dipasang komunitas wisatawan.

Padahal, sebelum ditutup stiker, dari dalam rumah Abah Jajang, terlihat pemandangan Curug Citambur yang indah. Gara-gara perbuatan tersebut, rumah itu jadi terlihat kotor dan kumuh.

Tindakan menempeli rumah Abah Jajang dengan stiker amat disayangkan. Abah Jajang sendiri mengaku tidak kuasa menolak permintaan para pengunjung yang menempeli kaca jendela rumahnya dengan stiker.

Menurut Abah Jajang, stiker-stiker itu dipasang oleh komunitas wisatawan sebagai kenang-kenangan bahwa mereka pernah datang ke rumah ‘surga’ Abah Jajang.

“Iya dipasang sama pengunjung. Mau nolak tidak enak Abah. Karena kan Abah ingin semua jadi keluarga Abah,” kata Abah Jajang, seperti dikutip dari Detik, Selasa (6/2).

Mengetahui jendela rumah Abah Jajang dipenuhi stiker komunitas wisatawan, Bupati Cianjur Herman Suherman, ikut kesal. Herman menyayangkan perbuatan sembarangan pemasangan stiker itu, karena mengurangi keunikan dan kekhasan rumah Abah Jajang.

“Jadi kurang indah, dan dari dalam jadi tidak terlihat lagi pemandangan Curug Citambur,” ujar Herman.

Herman mengungkapkan pihaknya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bakal memulihkan atau mengganti kaca jendela rumah Abah Jajang agar bagus seperti semula.

“Kacanya akan diganti dengan yang baru. Nanti difasilitasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,” ucapnya.

Herman membeberkan, Pemkab Cianjur bakal menyediakan tempat khusus untuk pemasangan stiker dan ucapan kesan dan pesan selama berkunjung ke rumah ‘surga’ Abah Jajang.

“Nanti kita siapkan ruang khusus untuk pemasangan stiker atau menuliskan kata-kata terkait kunjungannya ke rumah Abah Jajang. Supaya tidak mengotori atau merusak keindahan rumah aslinya,” katanya.

(wiw)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts