Tren Minum Air Lemon Setiap Hari, Apa Manfaat dan Efek Sampingnya?

Minuman di pagi hari bisa berpengaruh terhadap proses penurunan berat badan. Berikut beberapa minuman pengusir perut buncit yang bisa Anda minum di pagi hari.
Jakarta, CNN Indonesia

Tren minum air lemon setiap hari tampaknya abadi. Hingga kini, kebiasaan minum infused water lemon masih dilakukan banyak orang.

Read More

Namun pertanyaannya, apakah air lemon benar-benar bermanfaat? Adakah bahaya yang mengintai dari kebiasaan minum air lemon setiap hari?

Air lemon pada dasarnya hanyalah perasan atau irisan lemon yang dimasukkan ke dalam segelas atau sebotol air. Beberapa orang menambahkan daun mint, madu, atau bahan lainnya ke dalam minuman untuk memperkaya rasa.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Air lemon memang telah menjadi minuman pagi yang populer. Banyak orang menggunakannya sebagai minuman detoksifikasi.

Mengutip Medical News Today, lemon sendiri pada dasarnya adalah salah satu sumber vitamin C dan antioksidan terbaik. Satu buah lemon yang diperas menyediakan sekitar 21 persen dari kebutuhan vitamin C harian yang dianjurkan.

Lemon juga kaya akan senyawa antioksidan bernama flavonoid. Nama terakhir merupakan senyawa yang membantu meningkatkan kesehatan secara menyeluruh dan melawan penyakit.

Pertanyaannya, apakah tren minum air lemon setiap hari ini benar-benar bermanfaat?

Manfaat minum air lemon

Setidaknya ada beberapa manfaat minum air lemon yang telah dibuktikan oleh sejumlah penelitian. Berikut di antaranya, mengutip Healthline.

1. Meningkatkan hidrasi

Tak semua orang menyukai rasa air mineral. Padahal, asupan air yang cukup dibutuhkan untuk hidrasi tubuh.

Menambahkan rasa lemon ke dalam air bisa membantu seseorang minum lebih banyak.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh




Ilustrasi.  (stevepb/Pixabay)

Sebagai salah satu sumber vitamin C terbaik, air lemon dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Menurunkan berat badan

Minum air lemon dapat membantu meningkatkan asupan air yang direkomendasikan sebagai salah satu strategi penurunan berat badan. Namun, hanya ada sedikit bukti yang membenarkan klaim tersebut.

4. Alternatif minuman manis

Minuman dengan rasa memang terasa lebih enak di mulut. Alih-alih mengonsumsi minuman berpemanis tambahan, air lemon sebenarnya bisa jadi alternatif minuman dengan rasa yang baik.

5. Mencegah batu ginjal

Asam sitrat dalam lemon dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal.

Efek samping minum air lemon setiap hari

Ahli diet Emily Tills tak menampik beragam manfaat yang diberikan air lemon. Ia membenarkan lemon sebagai salah satu sumber vitamin C terbaik yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Namun demikian, Wills tetap menyarankan masyarakat untuk berhati-hati jika terlalu banyak minum air lemon.

“Keasaman lemon dapat mengikis enamel gigi sehingga menyebabkan sensitivitas,” ujar Tills, mengutip New York Post.

Ahli gizi lain Rachael Richardson mempersilakan jika Anda ingin mencoba meminum air lemon setiap hari. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Salah satunya adalah kondisi pencernaan. Orang yang memiliki masalah refluks asam lambung tidak disarankan untuk terlalu sering meminum air lemon.

“Hal ini [minum air lemon] dapat memperburuk atau memperparah gejala,” ujar Richardson.

Demikian penjelasan mengenai tren minum air lemon setiap hari. Tak ada salahnya jika Anda ingin mengikuti tren tersebut, namun perhatikan beberapa hal di atas.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts