Tips Memasang Pintu Rumah di Tahun Kelinci Air Berdasarkan Feng Shui

Salah pilih dan memasang pintu rumah di tahun Kelinci Air 2023 bisa bikin rezeki seret. Berikut yang perlu diperhatikan jika ingin memasang pintu di tahun ini.

Jakarta, CNN Indonesia

Pintu masuk rumah menjadi salah satu elemen penting tempat tinggal. Dalam feng shui, ternyata urusan memilih pintu, posisi pemasangan, hingga ukuran bisa berpengaruh terhadap kesejahteraan penghuni.

Read More

Tahun baru China 2023 jatuh pada Minggu (22/1). Tahun ini disebut sebagai tahun Kelinci Air. Lantas, bagaimana seharusnya pemasangan pintu rumah di tahun Kelinci Air?

Dalam kalender China, shio yang menaungi perjalanan waktu selama satu tahun akan memengaruhi banyak elemen, baik secara positif maupun negatif.

Tapi Anda tak perlu khawatir karena hal-hal buruk bisa dihindari dengan mengikuti anjuran feng shui sesuai dengan elemen energi yang berlaku.

Ahli feng shui Jenie Kumala Dewi menerangkan ada banyak elemen buruk yang bisa dihindari di tahun ini. Salah satunya, memilih dan memasang pintu rumah dengan benar.

“Pintu itu ibarat mulut. Kalau posisi atau bentuknya tidak pas, kan, tidak enak. Pintu itu juga tempat keluar masuknya rezeki,” kata Jenie saat dihubungi CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

Kata Jenie, jika pintu rumah tidak seimbang, maka kehidupan pun bisa jadi tidak stabil. Penghuninya akan kesulitan menjalani berbagai hal, bahkan bisa memengaruhi kondisi kesehatan si empunya rumah.

Bentuk dan ukuran pintu harus sesuai dengan kavling rumah. Misal, untuk rumah yang ukurannya minimalis atau tidak terlalu besar, pilih ukuran pintu yang sesuai. Sebaliknya, jika memiliki rumah besar, ukuran pintu juga jangan terlalu kecil. Hal yang pasti, ukuran pintu tidak boleh lebih kecil atau lebih besar dari kavling.

Untuk pemilihan bahan, disarankan memilih pintu dari bahan yang kokoh. Tidak disarankan memilih bahan triplek atau jenis kayu apa pun yang mudah memuai.

“Jika terjadi pemuaian, pintu akan seret, susah dibuka dan ditutup. Menurut feng shui, pintu yang seret bisa membuat rezeki juga seret,” kata dia.

Selain itu, pintu juga tidak boleh transparan. Ganti pintu dengan bahan yang solid dan tertutup. Tidak disarankan menggunakan pintu kaca yang transparan.

“Pintu rumah yang seimbang dan tertutup bisa membuat kehidupan penghuni seimbang,” kata dia.


Ilustrasi. Di tahun Kelinci Air, pemasangan dan jenis pintu perlu diperhatikan dengan baik. (hilarycl/morgueFile)

Bagaimana dengan bentuk pintu, lebih baik yang berdaun pintu double atau single?

Feng shui, kata Jenie, lebih menyarankan menggunakan pintu berdaun single. Tapi bukan berarti pintu double dilarang. Hanya saja, ada berbagai hal yang harus dihindari jika Anda memilih pintu double.

“Jangan yang satu besar yang satu kecil, karena ini tidak seimbang. Rezeki yang masuk akan bingung dan jadi lebih mudah keluar,” katanya.

Sementara untuk pintu single, menurut Jenie, akan lebih mudah dipilih dan dipasang. Pintu juga lebih kokoh dan ukuran bisa disesuaikan dengan jenis rumah.

Hal lain yang juga harus diperhatikan saat memasang pintu adalah jangan sampai terdapat penghalang di depan pintu. Misalnya, pintu yang berhadapan langsung dengan tiang listrik, tiang bangunan, hingga pohon yang cukup besar dan tinggi.

Keberadaan penghalang di depan pintu, sebut Jenie, akan membuat rezeki juga jadi ikut terhalang atau terpotong.

“Ingat, ya, elemen paling penting dari rumah adalah pintu. Jangan sampai salah memilih dan memasang pintu,” katanya.

(tst/asr)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts