Tips agar Anabul Tidak Stres Dengar Suara Kembang Api Tahun Baru

Simak sejumlah tips yang bisa dilakukan agar hewan peliharaan atau anabul tidak stres mendengar suara kembang api di malam tahun baru.

Daftar Isi



Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Suara kembang api dan petasan identik dengan perayaan tahun baru. Ternyata, suara kembang api yang menggelegar bisa membuat hewan peliharaan atau anak bulu (anabul) seperti anjing dan kucing takut bahkan stres.

Simak sejumlah tips yang bisa dilakukan agar anabul tidak stres mendengar suara kembang api di malam tahun baru.

Dalam sebuah penelitian pada 2013 di dalam Science Direct, para peneliti menemukan bahwa hampir separuh pemilik anjing yang mereka wawancarai melaporkan bahwa anjingnya takut dengan suara keras. Kembang api adalah penyebab paling umum, disusul suara tembakan dan guntur.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kembang api menimbulkan suara keras dan asing yang tidak dipahami anjing, dan mereka menganggapnya sebagai tanda bahaya,” kata Gary Richter, dokter hewan di Rover mengutip Business Insider.

Suara-suara itu dapat memicu respon untuk melawan atau lari. Namun berhubung tak ada yang harus dilawan karena tak ada bahaya yang terlihat, jadi anjing akan merespon suara-suara itu dengan lari atau bersembunyi.

Lantas, apa yang bisa dilakukan agar anabul Anda tidak stres saat mendengar kembang api di tahun baru?

1. Tempatkan hewan di dalam kamar

Mengutip Battersea, menempatkan kucing atau anjing di dalam kamar adalah salah satu cara terbaik untuk menekan rasa takut, kaget, dan stres pada mereka.

Buat kucing Anda nyaman dengan meletakkan tempat makan dan air, nampan kotoran dan pasir, juga mainan favoritnya.

Upayakan anabul setidaknya sedikit leluasa di dalam kamar agar mereka bergerak bebas saat suara petasan dan kembang api mungkin masih terdengar. Hal ini bertujuan agar kucing atau anjing tidak merasa stress karena pergerakannya dibatasi.

2. Kunci semua jendela dan pintu




Ilustrasi. Salah satu tips agar anabul tidak stres saat dengar kembang api di malam tahun baru. (iStock/SasinParaksa)

Supaya kucing Anda tidak melarikan diri atau kabur, tutup semua pintu dan jendela sebelum waktu-waktu pesta kembang api dimulai. Kucing bergerak cukup lincah dan bisa masuk dalam tempat sempit sehingga akan sulit mencarinya saat kucing Anda kabur.

3. Ciptakan ruang sembunyi yang aman

Pemelihara kucing biasanya mengetahui tempat kucing kesayangan bersembunyi. Secara umum, mereka biasa ngumpet di tempat yang tinggi.

Membuat nyaman tempat persembunyian kucing bisa membantu mengurangi stress saat ada bunyi petasan atau kembang api. Sediakan camilan, makanan, dan air minum di tempat persembunyiannya. Jangan lupa lapisi dengan selimut dan biarkan dalam keadaan terbuka agar mudah bergerak.

4. Hindari mengurung anabul

Hindari mengurung kucing atau anjing dengan ruang pergerakan yang terbatas. Saat stres mereka bisa melukai dirinya sendiri saat mencoba melarikan diri. Bebaskan anabul pergi ke tempat persembunyiannya, yang sudah Anda pastikan telah menjadi nyaman.

5. Hindari kilatan cahaya kembang api




Ilustrasi kembang apiIlustrasi. Salah satu tips agar anabul tidak stres saat pesta kembang api di malam tahun baru. (Picjumbo/Viktor Hanacek)

Menutup gorden selain membantu meredam bising juga menolong kucing agar tidak gelisah. Kilatan cahaya dari kembang api bisa membuat kucing Anda menjadi panik dan berusaha melarikan diri.

6. Jangan biarkan anabul di luar ruangan

Sebelum tetangga sebelah rumah mulai menyalakan kembang api, ajak anjing Anda berjalan-jalan atau bermain-main sampai mereka lelah. Lalu, ajak hewan peliharaan ke dalam rumah sehingga mereka bisa istirahat lebih awal.

7. Buat ruang aman dalam rumah

Sama seperti kucing, saat bunyi petasan terjadi anjing juga membutuhkan ruangan aman. Anda bisa menempatkan mereka di ruangan yang jauh dari pintu masuk. Letakkan selimut sebagai alas tidur, dan lengkapi dengan tempat makan dan minum.

Di dalam ruangan, biarkan anjing Anda tidur dalam tempat terbuka alih-alih memasukkannya ke kandang karena dapat membuatnya stres.

8. Biarkan TV dan musik menyala




Man watching television and using smart tv remote control application on mobile phone. Choosing movie stream, switching channel or changing settings in the menu and user interface with smartphone.Ilustrasi. Tips agar anabul tidak stres saat dengar pesta kembang api di malam tahun baru. (iStockphoto/Tero Vesalainen)

Anda dapat menyamarkan suara ledakan kembang api dengan menyalakan TV dan Radio untuk meredam kebisingan yang dirasakan hewan. Setel TV dengan volume cukup besar atau putar musik klasik untuk membuat anjing tenang.

9. Berikan mainan untuk pengalihan

Berikan anjing Anda sesuatu yang bisa dimainkan atau dikunyah agar perhatiannya teralihkan dari bunyi ledakan petasan.

(tim/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts