Timnas Indonesia Jadi Satu-satunya Negara ASEAN yang Bawa Pemain Liga Top Eropa ke Piala Asia 2023

Suara.com – Timnas Indonesia menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara (ASEAN) yang membawa pemain liga top Eropa ke Piala Asia 2023. Tim Merah Putih satu barisan dengan negara-negara kuat seperti Jepang, Iran hingga Korea Selatan.

Liga top Eropa yang dimaksud di sini adalah Premier League, Serie A, La Liga, Bundesliga dan Ligue 1 Prancis.

Read More

Jepang menjadi negara dengan pemain liga top Eropa terbanyak di Piala Asia dengan jumlah sembilan orang.

Para pemain Jepang itu antara lain Takehiro Tomiyasu (Arsenal), Wataru Endo (Liverpool), Kaoru Mitoma (Brighton) dari Liga Inggris.

Ada juga empat pemain dari Bundesliga yakni Ko Itakura (Monchengladbach), Hiroki Ito (Stuttgart), Takuma Asano (Bochum) dan Ritsu Doan (Freiburg).

Sementara dua nama lainnya yakni Takumi Minamino bermain untuk klub Ligue 1 AS Monaco dan Takefusa Kubo untuk Real Sociedad (La Liga).

justin Hubner Saat Membela Timnas Indonesia Senior. (pssi.org)

Di tempat kedua negara yang paling banyak membawa pemain liga top Eropa adalah Korea Selatan dengan tujuh pemain.

Mereka antara lain Kim Ji-soo (Brentford), Son Heung-min (Tottenham) dan Hwang Hee-chan (Wolves) di Premier League.

Sementara tiga lainnya berkarier di Bundesliga yakni Kim Min-jae (Bayern Munich), Lee Jae-sung (Mainz) dan Jeong Woo-yeong (Stuttgart). Sedangkan satu lainnya adalah Lee Kang-in di Paris Saint-Germain (Ligue 1).

Di antara negara-negara kuat Asia itu, Timnas Indonesia nyatanya menjadi salah satu peserta yang turut membawa pemain liga top Eropa ke Piala Asia.

Timnas Indonesia tercatat memboyong satu pemain liga top Eropa ke ajang akbar ini melalui Justin Hubner.

Hubner, yang masih berusia 20 tahun, dipercaya Shin Tae-yong menjadi satu dari 26 pemain yang memperkuat skuad Garuda untuk Piala Asia 2023.

Pemain berdarah Belanda-Indonesia itu saat ini berseragam Wolves di Premier League. Namanya sudah sempat masuk di tim senior Wolves, tetapi masih menunggu kesempatan debut.

Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar. Turnamen yang diikuti 24 negara ini dijadwalkan bergulir dari 12 Januari hingga 10 Februari mendatang.

Sumber: www.suara.com

Related posts