Terkesan Sepele, Ini 7 Manfaat Jalan Kaki Sepuluh Menit Setelah Makan

Berjalan kaki hanya sepuluh menit setelah makan ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya?

Daftar Isi



Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Rasa kenyang setelah makan sering kali membuat kita ingin buru-buru duduk atau rebahan. Namun, berjalan kaki hanya sepuluh menit setelah makan ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Ellen Thompson, personal training bersertifikat di Blink Fitness, mengatakan penting untuk dicatat bahwa manfaat jalan kaki setelah makan bersifat kumulatif, dan konsistensi adalah kuncinya.

“Meskipun berjalan kaki 10 menit setelah makan memberikan berbagai manfaat, melakukan aktivitas fisik secara teratur sepanjang hari sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Usahakan untuk melakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik intensitas sedang, seperti jalan cepat, per minggu, sesuai anjuran. berdasarkan pedoman kesehatan,” kata Thompson melansir Eat This Not That.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut ini sejumlah manfaat jalan kaki selama sepuluh menit setelah makan.

1. Menyehatkan pencernaan

Berjalan beberapa langkah setelah waktu makan akan membantu Anda mencerna lebih baik dan mendorong pergerakan makanan lebih baik.

“Berjalan membantu pencernaan dengan mendorong pergerakan makanan melalui sistem pencernaan. Ini membantu mencegah gangguan pencernaan dan kembung dengan menstimulasi otot-otot saluran pencernaan,” kata Thompson.

2. Mengontrol gula darah

Dengan meluangkan waktu hanya 10 menit untuk jalan cepat, Anda juga akan membantu menjaga kadar gula darah.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Sports Medicine menunjukkan bahwa berjalan-jalan setelah makan dapat menurunkan kadar gula darah dan menurunkan peluang terkena diabetes tipe-2.

“Jalan-jalan setelah makan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dengan meningkatkan penyerapan glukosa oleh otot. Hal ini sangat bermanfaat bagi individu dengan resistensi insulin atau diabetes,” kata Thompson.

3. Bantu manajemen berat badan




Ilustrasi. Salah satu manfaat jalan kaki sepuluh menit setelah makan adalah membantu manajemen berat badan. (Istockphoto/Urilux)

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of General Medicine menemukan bahwa berjalan kaki segera setelah makan lebih bermanfaat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dibandingkan menunggu satu jam setelah makan untuk melakukan langkah-langkah tersebut.

Menurut Thompson, “Jalan-jalan pendek secara teratur, terutama setelah makan, berkontribusi terhadap pembakaran kalori. Seiring waktu, hal ini dapat membantu pengelolaan berat badan dan mencegah penambahan berat badan yang terkait dengan perilaku tidak aktif.”

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Jalan kaki adalah latihan kardiovaskular yang meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

“Setelah makan, ini [jalan kaki] membantu mengatur tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular,” kata Thompson.




Doctor writing word DIABETES with marker, Medical conceptIlustrasi. Salah satu manfaat jalan kaki sepuluh menit setelah makan adalah menurunkan risiko diabetes tipe 2. (iStockphoto/Michail_Petrov-96)

Thompson menekankan, berjalan setelah makan telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

“Ini membantu tubuh menggunakan insulin lebih efektif untuk mengatur gula darah.”

6. Meningkatkan mood

Olahraga sering kali diandalkan saat Anda sedang membutuhkan semangat karena bisa mengalirkan hormon endorfin. Begitu pula dengan berjalan kaki setelah makan.

“Berjalan-jalan sebentar setelah makan dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan kesejahteraan mental secara keseluruhan,” kata Thompson.

7. Tidur lebih baik




Young asian beautiful woman happy sleep on bed in morning timeIlustrasi. Salah satu manfaat jalan kaki sepuluh menit setelah makan adalah membuat tidur lebih baik. (iStockphoto/marchmeena29)

Dengan menambahkan lebih banyak olahraga dalam hari Anda, pola tidur juga dapat meningkat. Aktivitas fisik yang teratur, termasuk jalan kaki singkat setelah makan, dapat berkontribusi pada kualitas tidur yang lebih baik.

“Aktivitas ini membantu mengatur ritme sirkadian dan membuat tidur malam lebih nyenyak,” kata Thompson.

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts