Tak Semua Boleh, Usia Berapa Anak Aman untuk Main Lato-lato?

Tak semua anak dari berbagai usia boleh memainkan lato-lato. Lantas, anak usia berapa yang diperbolehkan?

Jakarta, CNN Indonesia

Meski tengah menjadi idola, tapi permainan lato-lato tetap perlu mendapatkan perhatian. Tak semua anak dari berbagai usia boleh memainkannya.

Read More

Dokter spesialis anak Bernie Endyarni Medise mengatakan agar sebaiknya lato-lato tidak dimainkan oleh anak usia balita. Di usia tersebut, kemampuan motorik anak belum maksimal.

“Kemampuan motoriknya [balita] belum baik, sehingga dia akan mudah menyebabkan dirinya kena bola [lato-lato],” ujar Bernie, Minggu (15/1), mengutip DetikHealth.

Kemampuan motorik halus perlu dijadikan pertimbangan utama orang tua untuk mengizinkan si buah hati bermain lato-lato. Misalnya saja, anak telah memiliki keterampilan fisik yang menuntut koordinasi antara mata dan tangan.

Lantas, anak usia berapa yang boleh memainkan lato-lato?

Bernie mengatakan anak sudah boleh memainkan lato-lato jika sudah berada di usia sekolah dan remaja. Di usia ini, anak telah mampu mengenal bahaya dan punya kemampuan untuk mengontrol, yakni motorik halus dan kasar.

Tak cuma itu, mereka juga sudah mampu memahami arahan yang diberikan oleh orang tua terkait cara main yang benar.

“Pada usia sekolah atau usia remaja tentunya boleh [main lato-lato]. Tapi, ada pendampingan orang tua,” ujar Bernie.

Permainan ini, lanjut Bernie, sebenarnya dapat melatih daerah tangan. Permainan yang mulai ramai di Amerika Serikat (AS) ini juga bisa melatih ketepatan, di mana anak memperkirakan kedua bola tersebut bertemu dengan cara berkonsentrasi.


(asr)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts