Tak Cuma Melembapkan Kulit, Ini 5 Manfaat Hyaluronic Acid untuk Rambut

Memiliki rambut lembut dan mudah diatur tak cuma bisa didapatkan dari salon. Berikut cara melembutkan rambut dengan melakukan perawatan sendiri di rumah.
Jakarta, CNN Indonesia

Kandungan hyaluronic acid pada produk skincare dapat membantu mencegah penuaan dini. Caranya, dengan menghidrasi dan mengencangkan kulit.

Read More

Namun, tahukah Anda bahwa kandungan hyaluronic acid (HA) juga bermanfaat bagi rambut?

Menggunakan hyaluronic acid atau asam hialuronat untuk pertumbuhan rambut adalah tren baru yang diklaim dapat membuat rambut halus dan berkilau. Kandungan ini juga dapat mempercepat rambut untuk tumbuh dan meningkatkan ketebalan rambut.

Pada dasarnya, HA ditemukan secara alami pada mata, kulit, dan persendian tulang manusia. Zat bening dan lengket dari kandungan ini bersifat hidrofilik sehingga menarik air dan menjaga jaringan Anda tetap lembap dan terlumasi.

Oleh karena itu, kandungan HA dikenal sebagai pelembap alami.

Lantas, apa saja manfaat hyaluronic acid (HA) untuk rambut? Mengutip Byrdie, berikut beberapa manfaat mengejutkan HA untuk rambut.

1. Melembapkan rambut

Sifat pengikat humektan dari asam hialuronat bekerja pada serat rambut seperti halnya pada kulit. Hal ini memungkinkan serat rambut mempertahankan kelembapan.

2. Mengatasi rambut yang susah diatur

HA juga membantu mempertahankan kutikula yang mencegah kelembapan yang tidak diinginkan. Kondisi ini bisa menyebabkan rambut jadi susah diatur.

3. Membuat rambut lebih tebal


Ilustrasi. Hyaluronic acid membantu menambah volume rambut. (Istockphoto/ DKart)

Meski dibutuhkan penelitian lebih lanjut, secara teori, HA dapat membantu rambut yang kering dan rusak menjadi lebih tebal dan sehat. Efek ‘plumping‘ dari kandungan ini dapat digunakan untuk menambah volume pada akar rambut.

4. Menghidrasi kulit kepala

Tak hanya bermanfaat bagi helai rambut, molekul humektan dari HA dapat menarik dan mengikat kelembapan pada kulit kepala. Hal ini memungkinkan kolagen tumbuh subur di kulit kepala dan menjaganya tetap terhidrasi serta mencegah kulit kepala kering.

5. Rambut terlihat hidup kembali

Rambut kering dan rusak akan kesulitan menahan air. Namun, HA dapat membantu mengisi celah-celah batang rambut yang keropos dan membuatnya lembap sehingga dapat terlihat ‘hidup’ kembali.

Anda juga tak perlu khawatir akan efek samping. Kandungan HA diketahui aman digunakan untuk rambut. Pasalnya, HA adalah komponen alami dari tubuh yang tidak menimbulkan efek samping.

Namun, jangan menggunakannya secara berlebihan karena kandungan tersebut juga dapat membuat rambut kering. Apalagi, jika digunakan terlalu banyak dalam udara kering.

(del/asr)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts