Syarat Melahirkan Normal Jika Sebelumnya Pernah Operasi Caesar

Melahirkan normal setelah sebelumnya pernah menjalani operasi caesar membutuhkan pertimbangan khusus. Berikut beberapa pertimbangan dan syaratnya.
Jakarta, CNN Indonesia

Melahirkan secara normal jadi impian banyak wanita. Namun, melahirkan secara normal membutuhkan pertimbangan khusus bagi Anda yang pernah menjalani operasi caesarĀ sebelumnya.

Read More

Pada dasarnya, wanita yang sebelumnya pernah menjalani operasi caesar bisa melakukan proses persalinan normal pada kehamilan kedua. Kondisi ini dikenal dengan istilah vaginal birth after caesarean (VBAC).

“Ibu dapat melahirkan normal di kehamilan kedua setelah melakukan operasi caesar saat kehamilan pertama,” ujar staf media Women Health Service RSCM, Ilham Utama Surya.

Namun, tentu impian melahirkan normal ini bisa dilakukan dengan beberapa catatan.

Ilham menyebut, wanita bisa melahirkan secara normal jika baru satu kali menjalani operasi caesar. Namun, jika Anda telah menjalani operasi caesar lebih dari sekali (minimal dua kali), maka Anda tak disarankan melahirkan secara normal pada kehamilan berikutnya.

Melahirkan secara normal setelah dua kali menjalani operasi caesar membuat wanita berisiko mengalami komplikasi. Hal ini disebabkan oleh bekas luka operasi caesar yang terbuka.

“Pada saat persalinan, ruptur uteri dapat menyebabkan sobeknya rahim di dalam perut. Risiko ini terjadi 1 sampai 2 persen pada ibu yang pernah melahirkan caesar,” ujar Ilham menjelaskan.

Syarat Melahirkan Normal Setelah Operasi Caesar


Ilustrasi. Ada beberapa syarat melahirkan secara normal jika sebelumnya pernah menjalani operasi caesar. (Istockphoto/ Pekic)

Ada beberapa syarat yang perlu diikuti ibu hamil jika ingin melahirkan secara normal. Berikut di antaranya.

1. Kontrol secara teratur

Anda disarankan untuk melakukan kontrol ke dokter secara teratur.

Kontrol dilakukan untuk melihat kondisi bayi. Pasalnya, pada persalinan VBAC, posisi kepala bayi harus berada di bawah.

2. Berat janin tidak berlebih

Kondisi bayi yang optimal adalah yang berat badannya tidak berlebih.

3. Ibu dalam kondisi sehat

Untuk menjalankan proses persalinan normal, ibu harus dipastikan berada dalam kondisi sehat. Artinya, tak ada penyakit-penyakit tertentu yang memperberat kehamilan.

4. Luka bekas operasi telah sembuh

Luka bekas operasi caesar harus dipastikan sembuh terlebih dahulu.

Selain itu, bentuk sayatan juga bisa jadi syarat melahirkan normal. Berikut di antaranya bentuk sayatan yang perlu diperhatikan:

– sayatan melintang atau horizontal yang memotong bagian bawah rahim lebih memungkinkan untuk dilakukannya VBAC;

– sayatan vertikal yang memotong ke atas atau bawah melalui otot rahim yang berkontraksi lebih berisiko bagi Anda yang ingin melakukan VBAC.

5. Dilakukan oleh profesional terlatih

VBAC hanya dapat dilakukan oleh tenaga medis terlatih seperti dokter.

KLIK DI SINI UNTUK ARTIKEL SELENGKAPNYA.

(asr)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts