Susah Payah Singkirkan Iran, Qatar Tantang Yordania di Final

Suara.com – Juara bertahan Qatar berhasil melaju ke final Piala Asia 2023 usai mengalahkan Iran di semifinal, Rabu (7/2/2024). Dalam laga yang digelar di Stadion Al Thumama, Qatar menang dengan skor tipis 3-2.

Read More

Dengan kemenangan ini Qatar akan menghadapi Yordania di partai final. Yordania melaju ke final usai mengalahkan Korea Selatan 2-0 pada Selasa (6/2/2024).

Partai final Piala Asia 2023 antara Yordania vs Qatar akan digelar di Lusail Stadium, Sabtu (10/2/2024).

Jalannya Pertandingan

Mengambil inisiatif serangan lebih dulu, lewat bola-bola pendek Iran mencoba menekan Qatar. Upaya tersebut tidak sia-sia, mereka berhasil merobohkan pertahanan sang juara bertahan di menit keempat.

Gol tersebut berawal dari sapuan tidak sempurna Pedro Miguel ketika hendak membuang bola sundulan Saeid Ezatolahi. Azmoun yang berdiri tidak terkawal pun memutar badan, melakukan tendangan salto yang bersarang di sisi kiri gawang Qatar yang dikawal Meshaal Barsham. Iran memimpin 1-0.

Tertinggal satu gol, Qatar mencoba membalas. Berhasil mendominasi lini tengah, tim besutan Marquez Lopez akhirnya berhasil menyeimbangkan papan skor.

Adalah Jassem Gaber yang mengubah kedudukan menjadi 1-1 di menit 17 usai meneruskan sodoran bola dari Akram Afif.

Perlahan tapi pasti, Qatar mulai mendominasi penguasaan bola. Lewat umpan-umpan pendek, serangan yang dibangun beberapa kali membuat pertahanan Iran kocar-kacir.

Memasuki menit 34, Qatar berhasil membalikkan keadaan. Akram Afif mencetak gol indah yang mengubah kedudukan menjadi 1-2, yang bertahan hingga turun minum.

Baru tiga menit bola bergulir di babak kedua, Iran mendapat peluang emas. Wasit menunjuk titik penalti setelah melakuan pengecekan Var dan memberikan kartu kuning kepada gelandang Qatar Ahmed Fatehi.

Alireza Jahanbakhsh yang maju menjadi algojo pun tidak mensia-siakan peluang tersebut dan mengubah kedudukan menjadi 2-2.

Skor imbang, pemain Iran makin percaya diri menggempur pertahanan Qatar. Berulang kali peluang didapat, namun berulang kali juga bola berhasil dimentahkan pemain Qatar di depan gawang.

Keasyikan menyerang, Iran kembali kecolongan di menit 82. Berdiri bebas tak terkawal di depan gawang, Almoez Ali mengubah kedudukan menjadi 2-3.

Di menit 90+3, Iran harus bermain dengan 10 pemain setelah Shojae Khalilzadeh di kartu merah setelah melanggar Akram Afif.

Minus satu pemain, Iran tidak patah semangat. Di sisa waktu tersisa, mereka semakin gencar menggempur pertahanan Qatar.

Namun hingga peluit panjang tanda berakhirnya laga dibunyikan wasit, skor 2-3 untuk kemenangan Qatar tidak berubah. Qatar melaju ke final dan berpeluang mempertahankan gelar Piala Asia.

Susunan Pemain

Iran: Beiranvand, Rezaeian, Kanani, Khalilzadeh, Hajisafi; Ezatolahi, Ebrahimi, Ghoddos, Jahanbakhsh, Taremi, Azmoun.

Pelatih: Amir Ghalenoei.

Qatar: Barsham, Pedro Miguel, Almahdi Ali, Lucas Mendes; Waad, Fathy, Gaber, Homam Ahmed, Abdurisag, Akram Afif, Almoez Ali.

Pelatih: Tintin Marquez Lopez.

Sumber: www.suara.com

Related posts