Studi Sarankan Pekerja Jalan Kaki Setiap 30 Menit saat Duduk Lama

Studi terbaru menemukan bahwa jalan kaki selama 5 menit setiap 30 menit saat bekerja bisa mengurangi risiko kesehatan akibat duduk terlalu lama.

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Bukan rahasia lagi, duduk terlalu lama bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Risiko ini sangat erat dengan kehidupan para pekerja yang harus duduk di depan layar komputer setiap hari selama berjam-jam.

Kabar baiknya, studi terbaru menemukan solusi untuk mencegah risiko kesehatan akibat duduk terlalu lama. Jawabannya adalah berjalan kaki selama lima menit.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal American College of Sports Medicine menemukan bahwa berjalan santai selama lima menit setiap setengah jam dapat membantu mengurangi beberapa risiko kesehatan yang muncul dari kebiasaan duduk terlalu lama.

Penulis utama studi Keith Diaz mengatakan para ahli sepakat bahwa kebiasaan duduk terlalu lama meningkatkan risiko penyakit kronis seperti diabetes. Namun, hingga saat ini belum ada pedoman jelas mengenai durasi berapa lama duduk disebut aman dan seberapa sering Anda harus bergerak saat bekerja.

“Sama seperti berapa banyak buah dan sayuran yang harus dimakan dan berapa banyak olahraga yang harus dilakukan, kita perlu memberi panduan khusus tentang cara memerangi bahaya [dari] duduk,” kata Diaz, melansir CNN.

Mengutip Health News, dalam studi ini para ilmuwan meneliti 11 orang dewasa sehat yang diminta untuk duduk di kursi kantor selama delapan jam. Mereka hanya dibolehkan berdiri untuk berjalan santai di atas treadmill sebagaimana yang ditugaskan atau pergi ke kamar mandi.

Mereka menguji lima durasi berjalan kaki yang berbeda. Di antaranya berjalan kaki di atas treadmill selama 1 menit setiap 30 menit, 5 menit setiap 30 menit, 1 menit setiap 60 menit, 5 menit setiap 60 menit duduk, dan tidak berjalan kaki sama sekali.

Peneliti juga mengukur tekanan darah dan kadar gula darah peserta selama percobaan. Hasilnya, berjalan kaki dapat mengurangi tekanan darah sebesar 4-5 mmHg dibandingkan mereka yang tidak berjalan kaki.

Hasil utamanya, berjalan kaki selama 5 menit setiap 30 menit menghasilkan manfaat yang paling baik untuk kadar gula darah dan tekanan darah.

Hingga saat ini, para ilmuwan sendiri belum tahu persis mengapa duduk bisa berdampak begitu buruk pada kesehatan. Namun menurut Diaz, hal ini juga berhubungan dengan otot.

Diaz mengatakan bahwa otot punya peran penting dalam mengatur berbagai hal termasuk kadar gula darah dan kolesterol.

“Saat Anda duduk terlalu lama, otot tidak memiliki kesempatan untuk berkontraksi dan bekerja secara optimal,” ujar Diaz.

(del/asr)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts