Spanyol Gelar Perdana Kejuaraan Balap Dunia Putri

Suara.com – Sebuah langkah berani menuju inklusivitas dan keberagaman dalam olah raga motor telah dilakukan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM). Yaitu dengan menggelar FIM Women’s Circuit Racing World Championship (WorldWCR).

Dikutip dari rilis resmi WorldSBK Press Office sebagaimana diterima Suara.com, WorldWCR memulai debutnya pada 2024. Bertujuan mencerminkan visi dan komitmen yang lebih luas dalam mendorong pertumbuhan perempuan rider di sektor balap sirkuit.

WorldWCR adalah inisiatif inovatif yang dirancang untuk memaksimalkan peluang dan potensi pembalap muda perempuan. Caranya dengan memberikan mereka platform global untuk menunjukkan keterampilan di pentas balap.

Para pembesar FIM, Dorna Sports, dan WorldSBK perbincangkan kejuaraan khusus putri pada 2022. Tampak Gregorio Lavilla, Direktur Eksekutif WorldSBK, Françoise Emery, CEO FIM, Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna Sports, serta Jorge Viegas, Presiden FIM (WorldSBK).

Dengan demikian, berbagai talenta internasional yang baru muncul akan memiliki kesempatan untuk bersaing dalam kondisi yang sama. Sekaligus tampil bersama Kejuaraan Dunia MOTUL FIM Superbike, di mana akan ada enam putaran berjalan bersamaan dengan balap WorldSBK.

Circuito de Jerez Angel Nieto  di Kota Jerez de la Frontera, Spanyol akan menjadi tuan rumah final WorldWCR atau Kejuaraan Dunia FIM Balap Sirkuit untuk Putri 2024 yang perdana, dengan penyesuaian tanggal.

Sebelumnya, balap WSBK putaran Spanyol dijadwalkan 18-20 Oktober di Circuito de Jerez. Akan tetapi menanggapi kondisi dinamis di area setempat maka penyelenggaraan akan diundur sekira sepekan kemudian.

Sumber: www.suara.com

Related posts