Sempat Tinggal di Belanda, Nova Eliza Keluhkan Kesulitan Bahasa dan Perbedaan Budaya

Suara.com – Artis Nova Eliza diketahui sempat menetap beberapa saat di Belanda. Ia dan suami serta anaknya, memutuskan pindah ke Negara Kincir Angin beberapa tahun selama masa pandemi lalu.

Namun setelah pandemi berakhir, Nova Eliza dan keluarga memutuskan untuk pulang dan kembali tinggal di Jakarta.

Read More
Potret Nova Eliza. (Instagram/novaelizatime)

“Iya, sempat tinggal di Belanda. Iya (sekarang menetap di Jakarta),” ujar Nova Eliza saat ditemui di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Aktris keturunan Banda Aceh itu mengaku alasannya kembali ke Tanah Air adalah demi putrinya, Naima Malinka. Menurut Nova, Naima adalah sosok yang sangat kental dengan Budaya Indonesia.

“Kemarin karena pandemi, kan sekarang sudah nggak pandemi terus anak aku Indonesia banget, jadi kita memutuskan kembali ke Indonesia,” ungkap Nova Eliza.

Nova Eliza saat ditemui di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. [Suara.com/Tiara Rosana]
Nova Eliza saat ditemui di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. [Suara.com/Tiara Rosana]

Tinggal di Belanda rupanya bukan perkara yang mudah untuk Nova Eliza dan keluarga. Pasalnya selama di sana Nova banyak mengalami kesulitan, diantaranya adalah karena perbedaan cuaca, bahasa, dan budaya.

Selain cuaca ekstrem, orang Belanda terbiasa menggunakan bahasa lokal daripada Bahasa Inggris. Itu yang membuatnya sulit untuk berkomunikasi dengan orang lain.

“Cuaca ya, di sana kan dingin terus kalau di sini panas, enak banget,”

“Sama mungkin sama bahasa kali ya, terus budaya juga beda banget. Di sana kan bahasanya pakai Belanda banget, ke mana-mana pakai Bahasa Belanda, ya ada Bahasa Inggris tapi mereka lebih comfort (nyaman) Bahasa Belanda,” pungkasnya.

Sumber: www.suara.com

Related posts