Semangat Untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia, Ini 5 Kalimat Top dari Penerima Anugerah Astra 2023

Suara.com – Penganugerahan Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards atau Awarding 14th SATU Indonesia Awards 2023 berlangsung hari ini, Rabu (1/11/2023) diberikan kepada anak muda perorangan dan kelompok yang memberikan dampak positif bagi lingkungan mereka.

Astra atau PT Astra International Tbk, adalah perusahaan nasional yang memiliki 272 anak usaha dan bergerak antara lain di sektor otomotif, layanan pembiayaan, dan asuransi. Secara berkesinambungan menggelar acara SATU Indonesia Awards yang tahun ini berlangsung untuk ke-14 kalinya.

Read More
Diana Cristiana Dacosta Ati saat terharu, tidak menyangka bahwa perusahaan sekelas Astra benar-benar melihat ia dan teman-temannya di bidang pendidikan, di kawasan 3T [Suara.com/CNR ukirsari].

Setelah pemberian penghargaan di Menara Astra, digelar AstraTalks sesi pertama yang menghadirkan seluruh penerima apresiasi 14th SATU Indonesia Awards 2023, yaitu:

  • Bidang Kesehatan: Theresia Dwiaudina Sari Putri “Pejuang Kesehatan dari Timur Indonesia” dari Provinsi Nusa Tenggara Timur
  • Bidang Pendidikan: Diana Cristiana Dacosta Ati “Pengabdi Pendidikan di Pelosok Papua Selatan” dari Provinsi Papua
  • Bidang Kewirausahaan: Alan Efendhi
    “Pengembang Minuman Sehat dari Aloe Vera” dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Bidang Teknologi: Reza Permadi
    “Perintis Digitalisasi Desa Wisata” dari Provinsi DKI Jakarta
  • Kategori Kelompok: Rengkuh Banyu Mahandaru dari Provinsi DKI Jakarta “Pejuang Lingkungan Bermodal Limbah Pelepah”

Dalam AstraTalks sesi pertama yang digelar di Menara Astra, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, kelima penerima anugerah ini berbagi tentang kendala serta suka-duka dalam menjalani tugas hingga menjadikan mereka sampai tahap ini.

Bincang Inspiratif AstraTalks bertema "Semangat Untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia" yang menghadirkan para penerima apresiasi SATU Indonesia Awards [Suara.com/CNR ukirsari].
Bincang Inspiratif AstraTalks bertema “Semangat Untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia” yang menghadirkan para penerima apresiasi SATU Indonesia Awards [Suara.com/CNR ukirsari].

Berikut adalah cuplikan kalimat bernas mereka, yang mampu melecut semangat anak-anak muda lain dan semoga bisa menjadi inspirasi:

Theresia Dwiaudina Sari Putri, menyatakan ini adalah penghargaan pertama dan terbesar dalam hidupnya. Keinginan melakukan hal baik bisa dimulai dari hal kecil, berdasar hukum tabur Tuhan, yaitu siapa menabur kebaikan akan menuai hasilnya.

Diana Cristiana Dacosta Ati, menyatakan tidak menyangka bahwa perusahaan sekelas Astra benar-benar melihat ia dan teman-temannya di bidang pendidikan, di kawasan 3T, yaitu Tertinggal, Terdepan, Terluar. Dengan kondisi tanpa listrik, medan sulit, tetapi bertahan dari seleksi alam. Ia bahagia bisa lulus dalam seleksi alam di daerah Papua tempatnya berkarya.

Alan Efendhi, berangkat dari latar belakang Sekolah Teknik Menengah (STM) ia bertekad menggarap karya di bidang pertanian, dan aloe vera tepat dikembangbiakkan di kawasan Gunungkidul yang kering. Menjadikan sekelilingnya wirausaha, dan mengajak mereka berperan, bukan baperan.

Reza Permadi menyatakan kebutuhan warga Jakarta adalah healing, tinggal di desa. Sayangnya desa wisata tidak memiliki database, dan pengelolaan dilakukan tanpa pemasaran yang lebih efektif. Ia menyatakan untuk menjadi seperti sekarang, dibutuhkan komitmen, konsisten, serta kuat mengerjakan cita-cita.

Rengkuh Banyu Mahandaru menyatakan soal sampah dibakar menjadi perpanjangan efek terhadap lingkungan sehingga melakukan riset produk, antara lain renewable energy. Untuk menjadi pelaku perubahan ke arah peduli lingkungan perlu flexible and be sensitive.

Sumber: www.suara.com

Related posts