Selamatkan Bangunan Kampung Buku dari Ancaman Longsor via BerbuatBaik

Mari selamatkan bangunan Kampung Buku, tempat belajar gratis bagi anak-anak kurang mampu, agar tak longsor dengan berdonasi di Berbuatbaik.


Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Kampung Buku merupakan tempat membaca, belajar, dan bermain bagi anak-anak di kawasan Cibubur, Jakarta Timur. Bangunannya sederhana tetapi bisa jadi tempat nyaman bagi anak-anak untuk belajar dan membaca buku.

Pendiri Kampung Buku, Edi Dimyati mengatakan hingga hari ini anak-anak masih aktif belajar di sana meski dalam kondisi bangunan seadanya bahkan berada di lokasi rawan longsor.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Setiap hari Senin sampai hari Jumat itu belajar dibagi ke dalam 3 sesi yang pertama dan kedua itu anak-anak yang pra-SD paling belajar calistung aja belajar membaca nulis itu free. Kalau ditotal dari sesi 1,2,3 ada 60 anak kurang lebih,” ujar Edi dikutip dari laman Berbuatbaik.

Anak-anak yang belajar di Kampung Buku berasal dari kalangan ekonomi menengah ke bawah. Kehadiran Kampung Buku menjadi kesempatan bagi para orang tua yang ingin memberikan kesempatan bagi anak mereka belajar tanpa perlu mengeluarkan biaya.

Neti, salah satu ibu dari anak yang belajar di sana mengaku senang melihat perkembangan anaknya, Fauzan alias Ojan (6), berkat Kampung Buku yang tidak memungut biaya sepeser pun.

“Alhamdulillah Ojan dari nol sekarang udah lumayan bisa baca tambah-tambahan, gratis. Dia dari nol belum bisa belum aku TK-in,” ujar Neti.

Orang tua lainnya bernama Lia (31) bahkan mendaftarkan tiga anaknya untuk belajar di Kampung Buku. Lia dan suami yang berprofesi sebagai tukang ojek juga merasa terbantu dengan hadirnya Kampung Buku.

“Bagus dalam pelajaran, setelah itu membantu dari segi ekonomi. Maksudnya gratis gitu kan. Terus anak-anak juga belajarnya sangat nurut ngerti sedikit itu anak-anak ngerti. Terus juga ngajarnya baik juga. Pak Edi nya gurunya juga baik sama anak-anak seperti itu,” ungkap Lia.

Meskipun senang melihat tawa ceria anak-anak di Kampung Buku, ada banyak kekhawatiran yang Edi pikirkan mengenai keberlangsungan Kampung Buku. Salah satunya adalah ancaman longsor yang menghantui bangunan Kampung Buku.

Sudah lebih dari 10 tahun bangunan Kampung Buku berdiri, pergerakan tanah yang menopang bangunan tak bisa dihindari. Setidaknya, tanah yang bergeser semakin ke bawah terukur sudah mencapai angka 8 cm.

Edi sudah sempat mengatasinya dengan meminta bantuan RT setempat. Namun mereka hanya memberi bantuan berupa pagar-pagar bambu yang tak begitu kokoh untuk menahan tanah.

#SahabatBaik, saat ini Kampung Buku membutuhkan uluran tangan untuk menyelamatkan bangunannya dari ancaman longsor. Mari berkontribusi untuk membantu menyelamatkan Kampung Buku agar anak-anak dapat terus belajar dengan donasi di berbuatbaik.id sekarang juga.

Seluruh donasi yang diberikan akan tersalurkan 100% ke penerima tanpa potongan sedikit pun. Untuk kamu yang ingin menjadi relawan atau mendaftarkan komunitasmu menebar kebaikan bersama berbuatbaik. Yuk, jangan tunda niat baikmu dan berbuat baik dari sekarang juga!

(fef)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts