Selain Buat Hipertensi, Mentimun Ampuh untuk Asam Urat

Mentimun ternyata baik untuk kesehatan lho, bukan cuma enak dilalap. Selain buat hipertensi, manfaat mentimun untuk asam urat juga bisa dirasakan.

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Mentimun ternyata baik untuk kesehatan lho, bukan cuma enak dilalap. Selain buat hipertensi, manfaat mentimun untuk asam urat juga bisa dirasakan. 

Penyakit asam urat termasuk radang sendi (arthritis) dengan gejala nyeri, bengkak dan peradangan pada sendi. Seperti dilansir dari Healthline, gejala asam urat muncul saat terlalu banyak asam urat (uric acid) dalam darah.

Penderita asam urat diharapkan memperhatikan asupan makanannya. mentimun salah satu makanan yang disarankan. Berikut beberapa alasan mentimun baik buat asam urat.

1. Rendah purin

Makanan jadi salah satu penyebab asam urat kambuh terutama makanan yang tinggi kandungan purin. Suatu makanan dianggap tinggi kandungan purin jika ada lebih dari 200 mg purin per 100 g pangan.

mentimun adalah salah satu makanan yang rendah purin dan aman dikonsumsi penderita asam urat. Seperti dilansir dari Livestrong, mentimun hanya mengandung 7,3 mg purin tiap 100 g sajian.

2. Membantu mengeluarkan kelebihan asam urat

Mentimun untuk asam urat. Timun tinggi kandungan air sehingga mampu menghidrasi tubuh. Kandungan air pada timun pun bisa membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh.

Selain mencukupi kebutuhan asupan cairan dari air putih, Anda juga bisa mengandalkan mentimun. Asam urat yang menumpuk di tubuh pun ‘dibilas’ dengan air. Kandungan seratnya juga membantu menyehatkan pencernaan.

3. Detoks buat ginjal

Timun bisa membantu detoksifikasi ginjal, hati, dan mengurangi kadar asam urat dalam darah. Fungsi detoksifikasi ini didapat dari kandungan potasium dan fosfor. Keduanya juga akan meningkatkan fungsi ginjal terutama fungsi membuang racun tubuh.

Seperti dilansir dari Times of India, mentimun untuk asam urat bisa dikonsumsi sebagai jus dengan menambahkan perasan jeruk nipis.

(els/chs)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts