Risiko Mabuk Udara, Hindari 7 Makanan Ini Sebelum Naik Pesawat

Hanya penumpang dengan kategori Able Bodied Passengers (ABP) yang diperkenankan duduk dekat emergency exit atau pintu darurat pesawat.

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Beberapa orang mungkin mengalami mabuk udara ketika naik pesawat. Jika kamu salah satu penumpang pesawat yang kerap mengalami mabuk udara, coba cek lagi makanan atau minuman apa yang kamu konsumsi sebelumnya?

Sebab, terdapat sejumlah makanan yang perlu dihindari sebelum kamu naik pesawat. Jenis makanan atau minuman tertentu berpotensi meningkatkan risiko mabuk udara yang bisa berujung muntah.

Seperti diketahui, perubahan gaya gravitasi dan udara saat pesawat lepas landas membuat tubuh beradaptasi keras. Ini yang terkadang terjadi pada orang-orang yang mabuk udara saat awal penerbangan.

Begitu pula saat terjadi turbulensi, tubuh kamu akan terguncang, jika sebelumnya mengonsumsi makanan dan minuman yang kurang tepat, bisa menyebabkan mabuk udara.

Kalau tidak ingin hal itu terjadi, ada baiknya kamu pilih-pilih makanan dan minuman sebelum naik pesawat. Berikut 7 makanan dan minuman yang bisa dihindari, seperti dirangkum berbagai sumber.

1. Soda

Kandungan gas dalam minuman bersoda dapat membuat perut kembung. Efek samping lainnya yakni kmu akan sering bersendawa dan mulas. Minuman bersoda juga punya kandungan gula tinggi, sehingga bikin mudah lelah dan mengantuk.

2. Junk food

Makanan dengan lemak jahat tinggi seperti junk food akan sulit dicerna tubuh. Hal ini bisa mengganggu pencernaan dan berpotensi menyebabkan heartburn (dada seperti terbakar karena asam lambung naik ke dalam esofagus).

3. Minuman beralkohol

Alkohol tentu kan membuat kamu kerap dehidrasi, karena suhu dalam pesawat cenderung kering dan tidak lembab. Kamu juga berpotensi jadi lebih emosional dan mudah lelah ketika turun dari pesawat.

4. Jenis kacang

Jenis makanan kacang-kacangan mengandung gas. Perut kamu rawan menjadi kembung hingga bisa jadi sering buang gas, yang tentu bisa mengganggu penumpang lain. Sistem pencernaan bisa terganggu dan kamu berpotensi sering buang air besar.

5. Makanan/Minuman dengan pemanis buatan

Pemanis buatan tidak mudah dicerna tubuh, sehingga pembentukan gas dalam tubuh tercipta sebagai efeknya. Perut kamu juga jadi rawan kembung, yang berbahaya ketika pesawat turbulensi.

6. Buah berserat tinggi

Meskipun buah-buahan sehat, tapi jenis makanan ini dapat menyebabkan penumpukan gas di perut. Selain itu, kandungan vitamin C tinggi dapat membuat kamu sering buang air kecil.

7. Terlalu banyak kafein

Minuman dengan kafein yang terlalu banyak berpotensi membuat tubuh dehidrasi, padahal saat take off tubuh bisa bereaksi lebih keras karena terjadi perbedaan gravitasi dan udara. Selain itu, kamu akan terjaga karena kafein dan menjadi lebih sering buang air kecil. Kafein juga dapat membuat kamu gelisah.

(wiw/wiw)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts