Rian Arifin, Tukang Becak yang Sukses Jadi YouTuber dengan Bermodal Ponsel Kentang

Suara.com – Siapa bilang jadi YouTuber sukses harus bermodalkan gawai mahal. Rian Arifin membuktikan, hanya bermodalkan ponsel sederhana alias “kentang”, ia bisa sukses menjadi seorang kretaor konten di YouTube.

Sebagai bukti kesuksesannya, Rian Arifin dengan kanal YouTube Rian Arifinnn kini telah memiliki 1,46 juta subscribers. Padahal, menjadi YouTuber dilakukan Rian awalnya hanya coba-coba.

Read More

Sebelum menjadi YouTuber, Rian Arifin bekerja sebagai pengayuh becak dengan gerobak penuh berisi kayu. Dari pekerjaannya tersebut, Rian mendapatkan upah Rp50 ribu setiap hari.

Pekerjaan itu dilakukan Rian Arifin sambil kuliah. Namun karena pandemi Covid-19, Rian pun harus istirahat dari kampusnya.

Bingung mengisi kesibukan, Rian Arifin iseng-iseng membuat konten dan diunggah di YouTube, sekitar pertengahan 2020. Tak sendirian, Rian mengajak teman-teman di rumahnya yang ia beri nama Preman Kecil dan Preman Kampung.

Konten yang dibuat Rian Arifin bertema komedi dengan cerita yang biasa terjadi sehari-hari. Misalnya, camping bersama dengan segala keseruannya. Atau tantangan mukbang tapi digelar di tempat angker.

Tak disangka, konten-konten yang dibuat Rian Arifin rupanya disukai banyak orang. Bahkan pada enam bulan pertama, akun YouTube Rian Arifinnn sudah bisa dimonetisasi. Konten-konten mereka pun viral dan kerap muncul di berbagai platform media sosial.

Video berjudul “Preman Kecil Kasi Gaji YouTube kepada Orang Tua dan Adik-adiknya” sudah ditonton lebih dari 4,1 juta kali. Sementara video berjudul “Preman Kecil Ini Marahin Setiap Anak Kecil Minta Oleng Truk” memiliki 3,8 juta penonton.

Rian Arifin bersama dua rekannya, Preman Kecil dan Preman Kampung. [Instagram]

Menariknya, semua video yang ia buat di awal-awal kontennya menggunakan Oppo A37 keluaran 2016. “Biarpun HP menengah, yang penting kameranya bening!,” kata Rian dalam sebuah video.

Kehidupan Rian bersama Preman Kecil, dan Preman Kampung di pedesaan di pedalaman Riau memang menarik untuk diikuti. Ada saja kelakuan mereka yang sukses bikin sakit perut.

Rian Arifin bersama teman kini sudah menikmati kesuksesan sebagai kreator konten YouTube. Dari rezeki yang didapat, mereka pun tak lupa memberi kepada keluarga dan orangtua.

Rian tak pernah melupakan jasa teman-teman sepermainannya yang berhasil membuatnya berlimpah rezeki. Ia pun mulai merambah ke Facebook, TikTok, dan Instagram. Di TikTok misalnya, jumlah followers akun @rianarifin008 telah mencapai 2,5 juta dengan total likes 68,1 juta.

Rian yakin, konsistensi adalah kunci utama dalam menjadi seorang kreator konten. Selain itu, ia selalu mengerjakan semua pekerjaan dengan sepenuh hati.

“Jangan mengeluh karena suatu pekerjaan, jangan mengeluh dengan uang yang kamu dapat dalam pekerjaan itu. Karena keluhan itu yang bikin kamu nggak sukses,” tutur Rian.

Sumber: www.suara.com

Related posts