Resep Bebek Peking Panggang ala Restoran Chinese

Berikut resep bebek peking panggang yang bisa dicoba. Cita rasanya tidak kalah enak dengan yang dijual di restoran Cina pada umumnya.


Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Bebek peking adalah hidangan bebek yang berasal dari Cina. Biasanya bebek peking banyak dijual di restoran-restoran yang menyajikan menu Chinese food.

Jika Anda tertarik membuatnya sendiri di rumah, ada resep bebek peking panggang yang bisa dicoba. Cita rasanya tidak kalah enak dengan yang ada di restoran Cina pada umumnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Bebek peking dikenal karena dagingnya yang empuk, lemaknya yang tebal, dan rasanya yang gurih ketika disantap.

Di momen perayaan Imlek, bebek peking biasanya menjadi salah satu makanan keluarga atau menu untuk menjamu tamu. Menurut budaya Tionghoa, bebek peking umumnya disajikan utuh dan baru dipotong ketika hendak dihidangkan.

Bebek peking adalah masakan Cina yang terkenal di Beijing. Dilansir dari laman Britannica, hidangan ini sudah ada sejak 400 tahun yang lalu. Bebek peking yang kadang disebut Beijing Kaoya di Cina ini telah disajikan pada era Dinasti Yuan lebih dari 1.000 tahun lalu.

Bebek ini memiliki ciri khas kulitnya yang renyah dan dagingnya yang empuk. Secara tradisional, proses memasak bebek peking membutuhkan waktu berhari-hari untuk mengolahnya.

Umumnya, kepala dan leher bebek akan dibiarkan utuh, kemudian isi perut dikeluarkan saat akan dimasak. Bebek diolah dengan cara digantung dan dipanggang perlahan di atas api kecil selama berjam-jam agar lemaknya benar-benar larut dan meresap sampai ke dalam daging.

Kulit luarnya juga dibuat krispi dan renyah supaya rasanya pun tetap gurih dan lezat ketika disantap. Saking lezatnya bebek peking, makanan ini kemudian menyebar ke berbagai negara di seluruh dunia.

Saat ini, menu bebek peking sudah bisa ditemukan dengan mudah di berbagai restoran Chinese food di Indonesia.

Resep bebek peking

Dilansir dari laman All Recipes, berikut resep bebek peking dengan waktu memasak kurang lebih empat jam.

Bahan utama:

  • 1 bebek utuh
  • ½ sendok teh kayu manis bubuk
  • ½ sendok teh jahe bubuk
  • ¼ sendok teh pala bubuk
  • ¼ sendok teh lada putih bubuk
  • 2 sendok teh cengkeh bubuk
  • 3 sendok makan kecap asin
  • 1 sendok makan madu
  • 1 buah jeruk, iris bulat
  • 1 sendok makan peterseli segar cincang untuk hiasan
  • 5 batang daun bawang
  • ½ cangkir selai plum
  • 1½ sendok teh gula
  • 1½ sendok teh cuka putih
  • ¼ cangkir chutney (opsional)

Cara membuat bebek peking:

  1. Bilas cuci bagian dalam dan luar bebek, lalu tepuk-tepuk dengan tisu dapur hingga kering. Potong ekor bebek dan buang. Siapkan mangkuk kecil, campur bubuk kayu manis, bubuk jahe, pala, lada putih dan cengkeh.
  2. Oleskan satu sendok teh bumbu marinasi ke dalam bagian dalam bebek. Aduk satu sendok makan kecap asin ke dalam sisa campuran bumbu dan oleskan secara merata ke seluruh bagian luar bebek.
  3. Potong salah satu daun bawang menjadi dua dan masukkan ke dalam bagian dalam bebek. Tutup dan diamkan bebek minimal dua jam atau semalaman.
  4. Letakkan dada bebek menghadap ke atas di atas wajan atau panci yang cukup besar dan kukus selama satu jam.
  5. Angkat bebek dengan dua sendok besar, tiriskan airnya. Ambil daun bawang. Panaskan oven sampai 375 derajat Fahrenheit atau 190 derajat Celsius. Letakkan bagian dada bebek menghadap atas api oven. Jangan lupa tusuk seluruh kulit bebek menggunakan garpu.
  6. Panggang selama 30 menit dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya. Saat bebek dipanggang, campurkan sisa dua sendok makan kecap dan madu. Setelah 30 menit, oleskan campuran madu ke atas bebek dan masukkan kembali ke dalam oven.
  7. Nyalakan oven hingga 500 derajat Fahrenheit atau 260 derajat Celcius. Panggang selama lima menit, atau sampai kulit berwarna kecokelatan. Hati-hati, jangan biarkan kulitnya hangus.
  8. Siapkan saus bebek dengan mencampurkan selai plum dengan gula, cuka, dan chutney dalam mangkuk kecil.
  9. Potong sisa daun bawang dan tempatkan ke dalam mangkuk terpisah. Letakkan bebek utuh di atas piring saji dan hiasi dengan irisan jeruk dan peterseli segar. Gunakan saus plum dan bawang untuk cocolan.

Itulah resep bebek peking ala restoran Chinese food dan cara membuatnya yang bisa dimasak sendiri di rumah.

(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts