Renungan Katolik Peringatan Arwah Semua Orang Beriman

Dalam tradisi Katolik, 2 November diperingati sebagai Hari Arwah. Di momen ini, umat Katolik mengenak saudara-saudari yang telah berpulang.

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Dalam tradisi Katolik, 2 November merupakan peringatan arwah semua orang beriman. Umat diingatkan untuk mendoakan mereka yang telah meninggal.

Dalam renungan hari ini, 2 November 2023, kematian kerap jadi topik yang dihindari, berbeda dengan kelahiran atau perkawinan. Padahal kehidupan selalu berdampingan dengan kematian. Kematian bukan akhir.

Bacaan I

Surat Pertama Rasul Paulus kepada Jemaat di Korintus 15: 20-23


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Saudara-saudara, Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal. Sebab sama seperti maut datang karena satu orang manusia, demikian juga kebangkitan orang mati datang karena satu orang manusia. Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus. Tetapi tiap-tiap orang menurut urutannya: Kristus sebagai buah sulung; sesudah itu mereka yang menjadi milik-Nya pada waktu kedatangan-Nya.

Demikianlah sabda Tuhan.
U: Syukur kepada Allah.

Injil

Yohanes 6: 37-40

Di rumah ibadat di Kapernaum Yesus berkata kepada orang banyak, “Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Ku buang. Sebab Aku telah turun dari surga bukan untuk melakukan kehendak-Ku, tetapi untuk melakukan kehendak Dia yang telah mengutus Aku.

Dan inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Ku bangkitkan pada akhir zaman. Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman.

Demikianlah sabda Tuhan.
U: Terpujilah Kristus.





Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts