Prabowo dan Mentan Amran Bagikan Bantuan Ternak hingga Benih untuk Petani dan Peternak Sumedang

Suara.com – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto hadir memenuhi undangan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman untuk memberikan bantuan kepada para petani dan peternak se-provinsi Jawa Barat (Jabar).

Read More

Bantuan itu diberikan ketika acara ‘Pembinaan Penyuluh Pertanian dan Petani serta Food Estate Partisipatif Provinsi Jawa Barat untuk Mendukung Peningkatan Produksi Padi dan Jagung Nasional’ di Sumedang, Selasa (30/1/2024).

Bantuan Kementan itu berupa 100 ekor domba untuk Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) se-Provinsi Jabar senilai Rp280 juta dan 50 ekor domba senilai Rp140 juta untuk Kelompok Peternak Kab. Sumedang. Kemudian, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Prov. Jabar mendapatkan bantuan dana alokasi khusus (DAK) peternakan dan kesehatan hewan senilai lebih dari Rp37 miliar.

Bantuan selanjutnya diberikan kepada Kelompok Tani Kab. Sumedang berupa benih padi 412,50 ton senilai Rp5,6 miliar dan benih jagung 217,50 ton senilai Rp13 miliar.

Sementara, bantuan benih horti 67 ribu batang diserahkan kepada LMDH Prov. Jabar senilai Rp1,7 miliar dan bantuan benih horti 33 ribu batang untuk LMDH Kab. Sumedang senilai Rp700 juta.

Dalam kesempatan itu, Prabowo menekankan pentingnya menjaga ketahanan pangan jika ingin Indonesia menjadi negara maju dan makmur. Oleh sebab itu, Kemhan berkolaborasi dengan Kementan untuk menjamin swasembada pangan.

“Masalah pertanian adalah masalah pangan. Masalah pangan adalah masalah hidup dan mati. Tidak ada pangan, tidak ada negara. Tidak ada pangan, tidak ada RI,” ujar Prabowo.

Di hadapan puluhan ribu petani, ia pun mengaku kagum dengan kepemimpinan Mentan Andi. Menurutnya, Andi merupakan sosok yang membuktikan dirinya berbakti dan mengabdi kepada bangsa khususnya para petani.

“Ini sangat luar biasa, 60.000 orang di bawah satu tenda, luar biasa Mentan. Ini Mentan luar biasa, kader bangsa yang luar biasa, saya berharap beliau akan terus berbakti dan mengabdi kepada negara, bangsa dan pada para petani-petani kita,” imbuhnya.

“Kita harus bersyukur Indonesia seperti ini karena kita memiliki pemimpin-pemimpin yang baik, kita punya pemimpin-pemimpin yang lahir dari rakyat,” pungkasnya.

Sumber: www.suara.com

Related posts