Penyebab Kaki Ngilu di Malam Hari, Bisa Jadi Masalah Serius

Biasanya kesemutan terjadi karena terlalu lama berdiam pada posisi tertentu. Jika sering mengalaminya, simak cara mengatasi kaki kesemutan terus-menerus.

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Penyebab kaki ngilu di malam hari perlu diwaspadai. Jika terasa terus-menerus, bisa jadi ada masalah serius.

Setelah seharian beraktivitas, malam hari dihabiskan untuk bersantai dan istirahat. Hanya saja, kadang kaki terasa ngilu sehingga susah tidur.

Andi Praja Wira Yudha Lutfi, dokter spesialis ortopedi dan traumatologi Eka Hospital Permata Hijau, menjelaskan penyebab kaki ngilu di malam hari biasanya karena aktivitas.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Pada saat mau tidur kan enggak aktivitas, makanya nyerinya terasa. [Sebenarnya seharian nyeri] tapi ngobrol mungkin, aktivitas, ya nyeri tapi terdistraksi,” ujar Wira dalam temu media bersama Eka Hospital Permata Hijau di kawasan Jakarta Barat, beberapa waktu lalu.

Dia memberikan contoh wanita yang mengenakan sepatu hak tinggi (high heels). Ketika dipakai aktivitas seharian, dia tidak merasakan nyeri atau ngilu. Kemudian begitu duduk istirahat, nyerinya terasa.

Rasa ngilu atau nyeri masih terbilang wajar jika sensasinya hilang timbul, misal setelah istirahat dan diberi balsem jadi lebih ringan. Sebaliknya, jika dirasakan terus-terusan, penyebab kaki ngilu di malam hari bisa jadi masalah serius.

“Bagaimana kalau terus-terusan? Itu salah satu tanda tumor tulang. Timbul rasa nyeri di malam hari terus-menerus. Siang nyeri juga. Malam karena tidak ada distraksi terasa nyeri,” jelas Wira.

Dia mengingatkan agar tidak semua rasa nyeri dikaitkan dengan tumor atau kanker tulang. Perlu ada pemeriksaan lebih lanjut dengan ahlinya.

Penyebab kaki ngilu di malam hari

Ada beberapa penyebab kaki ngilu di malam hari antara lain:

1. Penyakit arteri perifer

Sebenarnya tak hanya di malam hari, penderita penyakit arteri perifer bisa merasakan nyeri di siang hari. Kondisi ini disebabkan penyumbatan arteri yang membawa darah ke tungkai.

2. Nyeri punggung bawah




Ilustrasi. Salah satu penyebab kaki ngilu di malam hari adalah nyeri punggung bawah. (iStock/PeopleImages)

Sciatica atau nyeri punggung bawah bisa memicu nyeri kaki di malam hari. Pada kondisi tertentu misal, tumor, infeksi atau stenosis tulang belakang akan menimbulkan ketegangan pada tulang belakang.

Akibatnya, kondisi ini bisa mengiritasi saraf yang merambat ke kaki. Kaki pun terasa nyeri, kram, mati rasa, dan lelah.

3. Radang sendi

Nyeri atau ngilu akibat radang sendi bisa terasa di malam dan siang hari. Sebaiknya berikan kompres es atau bantalan pemanas untuk meringankan nyeri.

4. Kram otot

Kram umumnya terjadi di area betis. Kontraksi tiba-tiba dan tidak terkendali akan menimbulkan rasa nyeri luar biasa.

(els/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts