Penumpang Dibiarkan Makan di Landasan, Maskapai India Didenda Rp2,2 M

Denda untuk IndiGo merupakan denda tertinggi yang dikenakan terhadap maskapai penerbangan asal India dalam beberapa tahun terakhir.


Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Maskapai penerbangan bertarif rendah India, IndiGo didenda US$144 ribu atau sekitar Rp2,2 miliar, karena mengizinkan penumpang makan malam tepat di landasan pesawat sambil menunggu penerbangan yang tertunda di Bandara Mumbai.

Denda terhadap IndiGo dijatuhkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara India, yang memantau keselamatan pelaku perjalanan udara.

India Times melaporkan, ini merupakan denda tertinggi yang dikenakan terhadap maskapai penerbangan asal India dalam beberapa tahun terakhir.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Seperti dilansir VN Express, Bandara Mumbai sendiri juga dikenai denda sebesar U$36 ribu atau sekitar Rp561 juta, karena gagal melaporkan kejadian tersebut ke Biro Keamanan Penerbangan Sipil.

Pada 14 Januari 2024, penerbangan maskapai Indigo dari Goa ke Delhi terpaksa dialihkan dan mendarat di Mumbai, ketika kabut menyebabkan jarak pandang pesawat terbatas.

Sambil menunggu pesawat lepas landas kembali, penumpang diperbolehkan turun, dan banyak yang duduk untuk makan di landasan Bandara Mumbai.

Sebuah video viral di media sosial, menampilkan adegan penumpang duduk di landasan bandara, berbagi makanan, menggunakan ponsel, dan bersantai di samping pesawat IndiGo.

“Kami dengan tulus meminta maaf kepada pelanggan kami dan saat ini sedang menyelidiki insiden tersebut,” kata IndiGo dalam pernyataannya, seperti dilansir New Delhi Television.

“Kami akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menghindari kejadian seperti itu di masa depan,” tambah pernyataan itu.

Tahun lalu, American Airlines didenda US$4,1 juta karena melanggar peraturan keselamatan penerbangan dengan membiarkan ribuan penumpang duduk di landasan selama berjam-jam.

(wiw)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts