Penumpang Citilink Ketahuan Merokok di Pesawat, Bagaimana Aturannya?

Citilink membenarkan ada penumpang merokok di pesawat mereka. Peristiwa itu terjadi pada penerbangan Citilink QG 949 rute Batam ke Surabaya pada Sabtu (18/11).

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Seorang penumpang pria bikin ulah dengan secara sengaja merokok dalam penerbangan maskapai Citilink dengan rute rute Batam-Surabaya pada Sabtu (18/11). Akibat ulahnya, pria itu langsung diamankan petugas bandara.

Video viral di media sosial memperlihatkan sosok pria dibawa oleh sejumlah petugas bandara. Pria tersebut adalah penumpang yang ketahuan merokok di lavatory pesawat alias toilet pesawat.

Para petugas bandara menjemput penumpang tersebut dari dalam pesawat. “Bikin heboh penumpang lain, pria ini merokok di tengah penerbangan Batam menuju Surabaya,” tulis keterangan dalam video viral tersebut.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Merokok di dalam pesawat memang dilarang. Larangan merokok di pesawat diatur dalam Pasal 412 ayat 6 Undang-Undang Penerbangan Nomor 1 Tahun 2009. Menurut aturan itu, penumpang yang merokok dapat dikenakan sanksi denda maksimal Rp2,5 miliar atau penjara maksimal 5 tahun.

Mengenai kejadian tersebut, Citilink membenarkan bahwa ada penumpang yang merokok di dalam pesawat mereka. Peristiwa itu terjadi pada penerbangan Citilink QG 949 rute Batam tujuan Surabaya pada Sabtu (18/11).

“Sehubungan dengan adanya informasi yang beredar mengenai penumpang yang merokok di dalam pesawat, dengan ini dapat kami sampaikan bahwa benar terdapat penumpang yang merokok di dalam penerbangan Citilink QG 949 rute Batam-Surabaya pada Sabtu, (18/11),” ujar Head of Corporate Secretary & CSR Division PT Citilink Indonesia, Haza Ibnu Rasya dalam keterangan tertulis, Minggu (19/11).

Heza membeberkan, ketika pesawat mendarat di Bandara Juanda, Surabaya, penumpang itu diamankan petugas bandara. Penumpang yang kedapatan merokok di pesawat itu juga telah mengakui kesalahannya.

[Gambas:Video 20detik]

“Penumpang yang bersangkutan mengakui kesalahannya dengan telah merokok di dalam lavatory pesawat. Atas kejadian tersebut, penumpang yang bersangkutan telah diserahkan kepada petugas aviation security di darat untuk ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” jelas Heza, seperti dikutip Detik, Minggu (19/11).

Pihak Citilink Indonesia mengapresiasi petugas udara dan darat yang sigap dalam merespons peristiwa itu. Atas kejadian itu, Heza menekankan bawah Citilink Indonesia tetap mengutamakan aspek keselamatan penerbangan.

“Citilink mengapresiasi petugas udara maupun darat yang telah dengan sigap menangani hal ini. Kami senantiasa selalu mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan agar seluruh penerbangan dapat berjalan secara optimal,” terangnya.

(wiw)



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts