Pengunjung Berdesakan di Bundaran HI Saat Malam Pergantian Tahun, Sejumlah Warga Jatuh Pingsan

Suara.com – Masyarakat memadati kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) pada malam pergantian tahun 2024, Minggu (31/12/2023). Bahkan, terdapat sejumlah warga yang pingsan karena keramaian ini.

Pantauan Suara.com, warga saling berdesak-desakan sepanjang kawasan Bundaran HI. Mereka ingin melihat pertunjukan kembang api, light show drone, dan video mapping tiga dimensi menggunakan kabut air.

Read More

Warga pun yang ingin melintas Bundaran HI jadi terjebak di tengah kerumunan. Di tengah situasi itu, terlihat ada seorang anak dibopong pengunjung lain dalam kondisi pingsan.

Anak tersebut langsung diarahkan ke pos polisi dan kemudian digendong oleh Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro.

Berselang 10 menit kemudian, ada seorang anak lainnya yang dibopong dalam kondisi pingsan. Susatyo mengaku pihaknya sudah menerima sejumlah orang yang pingsan.

Sejumlah warga jatuh pingsan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) pada malam pergantian tahun 2024, Minggu (31/12/2023). [Suara.com/Fakhri]

“Sudah ada beberapa dari tadi (orang pingsan),” ujar Susatyo saat ditemui di lokasi.

Tak hanya orang pingsan, Suara.com juga melihat seorang yang diduga copet dibawa ke pos polisi Bundaran HI. Petugas terpaksa membuka pembatas agar copet itu bisa diamankan.

“Ini (pembatas) dibuka tadi karena ada copet,” kata seorang petugas.

Pesta Malam Tahun Baru

Diketahui, Pemerintah Provinsi DKI menggelar perayaan malam Tahun Baru 2024 bertajuk Malam Muda Mudi Kota Global yang diadakan di kawasan Monas dan Jalan Sudirman-Thamrin sampai Bundaran Senayan, Minggu (31/12/2023) malam hingga dini hari saat pergantian tahun. Berbagai acara akan diselenggarakan dalam kegiatan ini.

Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI, Acara Muda Mudi Jakarta Kota Global ini memilimi enam segmen acara. Di antaranya adalah Gemilang Silang Monas, Jakarnaval, Panggung Utama di Bundaran HI, Kirana Jakarta, Panggung Jalan MH Thamrin, dan Panggung Jalan Sudirman.

Selain itu, terdapat 11 panggung dengan genre musik berbeda yang didirikan sepanjang lokasi acara.

Selain itu, terdapat sejumlah artis yang bakal menjadi pengisi acara, seperti Titiek Puspa, Armada Band, Rampak Orchestra, Nabila T, Raina Gumay, Albert Fakdawer, Jordan Basa, dan Wulan KDI. Sementara, pembawa acara adalah Sinyorita dan Kamal.

Terkait acaranya, di Gemilang Silang Monas masyarakat bisa menyaksikan pertunjukan musik dan video mapping. Lokasinya bisa menampung sampai 10 ribu orang.

Lalu, Jakarnaval adalah kegiatan pawai budaya dan seni yang akan berlangsung dengan rute dimulai dari parkir tenggara Monas, memutari Tugu Monas, dan ke pintu Barat Daya Monas.

Panggung utama di Bundaran HI akan menjadi yang paling ramai karena berkapasitas 30 ribu orang. Panggungnya juga jadi yang terbesar dibandingkan lainnya.

Sejumlah warga jatuh pingsan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) pada malam pergantian tahun 2024, Minggu (31/12/2023). [Suara.com/Fakhri]
Sejumlah warga jatuh pingsan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) pada malam pergantian tahun 2024, Minggu (31/12/2023). [Suara.com/Fakhri]

Selanjutnya, puncak acara pada saat hitung mundur tahun baru 2024 akan dilakukan pada segmen Kirana Jakarta. Terdapat juga visualisasi semenarik mungkin dengan menggunakan teknologi drone, water mist dan video mapping 3D yang diklaim pertama kalinya di Indonesia.

Tak hanya Malam Muda Mudi, terdapat empat lokasi lain yang menjadi destinasi unggulan perayaan tahun baru 2024, yakni Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kota Tua, Taman Impian Jaya Ancol, dan Pantai Indah Kapuk (PIK).

Selain Jakarta Pusat, empat wilayah kota dan labupaten juga menggelar acara malam tahun baru, yaitu kantor Wali Kota Jakarta Utara, kantor Wali Kota Jakarta Barat, Setu Babakan Jakarta Selatan, Old Shanghai Jakarta Timur, dan Pulau Tidung Kepulauan Seribu.

Kemudian, Dishub DKI juga menutup 26 ruas jalan saat gelaran acara perayaan malam Tahun Baru 2024. Penuntupan ruas jalan itu akan dimulai pada 31 Desember pukul 19.00 WIB hingga 1 Januari pukul 01.00 WIB.

Adapun, ruas jalan yang akan ditutup yakni, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan Pintu 1 Senayan, Jalur Lambat, Kupingan Agok, dan Kupingan Semanggi, Jalan Bendungan Hilir, Jalan KH Mas Mansyur, Jalan Karet Pasar Baru Timur 5, dan Jalan Kupingan BNI 46.

Kemudian, Jalan Kota Bumi serta Jalan Baturaja, Jalan Teluk Betung, Jalan Kebon Kacang, Jalan Sunda, Jalan Imam Bonjol, Jalan Sumenep Tosari, Landmark (Indocement), Jalan Setiabudi, dan Jalan Prof. Dr. Satrio.

Lalu, Jalan Masjid (Sampoerna), Jalan Garnisun dan Kolong Semanggi, Jalur lambat Kupingan Semanggi (Gatot Subroto) sisi Timur, SCBD, Jalan Tulodong Atas 2 atau Samping CIMB Simpang, Jalan Budi Kemuliaan dan Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Kebon Sirih dari Arah Barat atau untuk arah timur tutup di Simpang Agus Salim, Jalan K.H Wahid Hasyim, dan Jalan Majapahit.

Sumber: www.suara.com

Related posts