Pembuat Wine Makin Penasaran Buat Wine dari Durian

Ibu hamil harus memperhatikan asupan nutrisi untuk menjaga kesehatannya sendiri dan bayi dalam kandungan. Lantas, apakah boleh ibu hamil makan durian?


Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Durian dikenal punya aroma yang sangat kuat. Bukan cuma kuat, tapi juga aroma tak sedap yang menusuk buat beberapa orang.

Tapi bagaimana jadinya kalau buah ini difermentasikan dan dibuat menjadi wine?

Di tahun 2013 lalu, pelajar Indonesia di Singapura bernama Christine Lee and Fransisca Taniasuri, didampingi oleh Assistant Professor Liu Shao Quan dari University of Singapore’s Food Science and Technology Programme membuat wine dari buah ini.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Bagi para pecinta durian, produk ini sangat menarik dicicipi karena mereka sudah akrab dengan rasa durian. Tapi, bagi yang tidak menyukai durian, setelah proses fermentasi bau khas durian tidak terlalu menyengat, jadi mereka pasti berani untuk mencoba,” tutur Fransisca Taniasuri kepada Reuters, 2013 lalu.

Tahun demi tahun berjalan, banyak peneliti dan pembuat wine pun makin berminat menggunakan durian untuk membuat minuman anggur.

Jika dunia Anda adalah membuat anggur yang difermentasi, mengapa tidak bereksperimen dengan buah-buahan lain untuk menciptakan ramuan baru yang lezat? Durian adalah pilihan yang menarik di sini, karena ini bukan buah yang umum di seluruh dunia, tidak seperti jeruk atau pir.

Proses pembuatannya mirip dengan buah-buahan lain sering difermentasi menjadi minuman anggur. Wine durian makin menarik minat para pecinta wine lantaran buah ini menawarkan rasa kompleks yang mungkin tidak banyak orang kenal. Selain itu, karena baunya yang menyengat itu berkurang saat buah diubah menjadi anggur.

Selain menambahkan gula, ragi, dan air yang khas, pembuat anggur sering kali meningkatkan rasa buah yang difermentasi dengan bahan tambahan lain, seperti jeruk nipis atau vanila.

Setelah Anda memfermentasi durian, baunya akan hilang secara signifikan karena senyawa yang memberi aroma unik pada durian mulai terurai. Meskipun hal ini mungkin mengecewakan para pecinta baunya, tapi hal ini mungkin lebih menarik bagi khalayak luas yang mewaspadainya.

(chs)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts