Pelancong Indonesia Kini Bisa Bebas Visa Berkunjung ke Iran

Pemerintah Iran memberlakukan bebas visa untuk wisatawan dari sejumlah negara. Tercatat, ada 28 negara bebas visa masuk ke Iran, termasuk Indonesia.


Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Kabar gembira buat pelancong Indonesia yang ingin jalan-jalan ke Iran. Kini, pelancong Indonesia bisa bebas visa ke Iran.

Iran mencabut peraturan visanya untuk sejumlah negara sejak Senin (5/2). Melansir Anadolu, tercatat ada 28 negara yang dibebaskan visa untuk masuk ke Iran, termasuk salah satunya Indonesia.

Hal ini dilakukan lantaran Iran tengah berupaya menggenjot kembali industri pariwisatanya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain Indonesia, ada juga beberapa negara lain yang dibuat untung atas keputusan anyar Iran tersebut. Sebut saja Jepang, Brasil, India, Meksiko, Peru, India, Singapura, Kuba, Tunisia, dan Tanzania.

Arab Saudi, Bahrain, Kuwait, Qatar, Uni Emirat Arab, dan beberapa lainnya di wilayah Asia Tengah juga jadi negara bebas visa ke Iran yang diumumkan Kementerian Luar Negeri setempat.

Daftar negara-negara ini menunjukkan kecenderungan Iran untuk memperkuat hubungan diplomatik dan budayanya dengan negara-negara di Amerika Latin, Asia Selatan, dan Asia Tengah.

Wakil Menteri Luar Negeri untuk Urusan Kosuler Iran Ali Reza Bigdeli mengatakan, aturan tersebut berlaku bagi wisatawan yang datang ke negaranya melalui jalur udara, bukan via jalur darat. Bigdeli mencontohkan salah satunya adalah India.

“Warga negara India dapat melakukan perjalanan ke Iran tanpa memperoleh visa asalkan mereka datang melalui [jalur] udara. Namun, mereka memerlukan visa jika melakukan perjalanan melalui jalur darat,” jelas Bigdeli.

Bigdeli mengaku telah mengabarkan semua badan atau lembaga terkait mengenai keputusan anyar tersebut.

Pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak awal 2020 lalu membuat industri pariwisata Iran loyo. Jumlah kedatangan wisatawan ke Iran menurun dengan drastis.

Namun, sejak pertengahan 2023 lalu, industri pariwisata di Iran telah memperlihatkan tanda-tanda pemulihan. Pemerintah pun mempertimbangkan cara lain untuk menggenjot pariwisata, salah satunya dengan membiarkan sejumlah negara bebas visa ke Iran.

(asr/asr)



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts