Ogah Teori Makanan Jatuh 5 Menit, Bagaimana Kalau 5 Seconds Rule?

Apa yang kamu lakukan kalau makanan jatuh ke lantai? Kamu tim langsung buang atau tim belum lima detik?

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Apa yang kamu lakukan kalau makanan jatuh ke lantai? Kamu tim langsung buang atau tim belum lima detik?

Ya, pastilah pernah sesekali pernah jadi tim belum lima detik dan langsung makan lagi.

Lagian, apa sih yang bisa terjadi dalam lima detik? Toh nggak akan kenapa-kenapa juga kan, daripada buang-buang makanan.

Donald Schaffner, seorang profesor ilmu pangan, sebenarnya melakukan penelitian mengenai hal ini pada tahun 2016yang mengonfirmasi soal apa yang terjadi dalam waktu lima detik makanan jatuh ke lantai.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jawabannya, bakteri sebenarnya dapat menyerang makanan Anda dalam waktu lima detik.Faktanya, semakin lama didiamkan, semakin banyak yang bisa berpindah ke makanan dan makin berbahaya buat tubuh.

Namun, risiko ini tak melulu saklek, makanan lima detik bakal bikin sakit. Mengutip Real Simple, Schaffner mengatakan bahwa sebenarnya, jika menyangkut makan makanan semuanya jadi risiko diri sendiri.

Jika Anda berada di rumah sendiri, kemungkinan besar makanan yang Anda jatuhkan tidak banyak terkontaminasi dibandingkan jika Anda menjatuhkannya di restoran atau di tempat umum lainnya.

Sedikit berbeda dengan Schaffner, spesialis bidang keamanan pangan Nicole Arnold tak bakal mau dengan teori lima detik.

“Tingkat kenyamanan setiap orang berbeda tetapi saya tidak akan makan keripik kentang bahkan setelah beberapa detik di tanah.”

Nah kalau kamu gimana?

(chs)


[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts