Obati Sakit Kepala Sampai Suburkan Rambut

Ada banyak jenis pohon bidara yang dikenal masyarakat. Selain bidara China, bidara Arab juga jadi salah satu jenis pohon yang banyak dikenal.


Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Ada banyak jenis pohon bidara yang dikenal masyarakat. Selain bidara China, bidara Arab juga jadi salah satu jenis pohon yang banyak dikenal..

Bidara Arab (Ziziphus spina-christi) merupakan tanaman penghasil buah yang diperkirakan berasal dari daerah beriklim hangat dan subtropis, meliputi Afrika Utara, Eropa Selatan, Mediterania, Australia, Amerika tropis, Asia Selatan dan Timur, dan Timur Tengah.

Buat masyarakat muslim, bidara Arab bukanlah tanaman yang asing, termasuk karena kegunaannya untuk obat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pohon bidara Arab ini memiliki banyak duri untuk mempertahankan diri di bagian batangnya. Duri inilah yang juga menjadi perbedaan antara bidara Arab dengan bidara China dan India.

Selain itu, pohon ini juga memiliki buah. Buah pohon bidara Arab akan berwarna merah saat sudah matang. Ukurannya sekitar 2 cm dan berbentuk bulat seperti kelereng.

Berikut manfaat bidara Arab:

Secara umum, pohon bidara Arab memiliki berbagai manfaat dari semua bagian tanamannya.

Mengutip Socfindo Conservation, bidara Arab menghasilkan buah yang dapat dimakan segar atau dikeringkan.

Buahnya juga dapat digiling menjadi tepung atau pasta, dan digunakan sebagai bumbu atau bahan untuk membuat panganan.

Kayunya juga dapat digunakan untuk membuat arang berkualitas tinggi, serta digunakan untuk membuat batang tombak, tiang, gagang perkakas, perkakas, kayu artistik, dan lemari.

Di daerah asalnya, spesies ini merupakan tanaman paling penting untuk produksi madu, khususnya di Timur Tengah, karena bunganya adalah sumber nektar bagi lebah madu, di mana madu yang dihasilkan memiliki rasa yang sangat baik.

Untuk kecantikan, bidara Arab berpotensi sebagai penyubur rambut karena mengandung senyawa kimia yang memiliki aktivitas untuk menyuburkan rambut.

Manfaat bidara Arab juga berfungsi untuk mengobati sakit kepala, sakit perut, campak, nyeri dada dan masalah pernapasan, mengatasi gigitan ular,. Selain itu bidara Arab juga bermanfaat untuk mengurangi abses dan bisul, berbagai luka permukaan, dan mengurangi radang mata.

(chs)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts