Nonton Piala Dunia di Qatar Wajib Punya Kartu Hayya, Ini Cara Bikinnya

Pemerintah Qatar menerapkan aturan wajib memiiki Kartu Hayya untuk penonton yang langsung datang ke stadion untuk Piala Dunia 2022.

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Kamu sudah punya rencana nonton langsung pertandingan Piala Dunia 2022 di Qatar? Jika iya, sebaiknya kamu mempersiapkan diri, termasuk membuat Kartu Hayya atau Hayya Card.

Untuk penonton yang datang langsung ke stadion, Pemerintah Qatar menerapkan aturan wajib memiiki Kartu Hayya. Kartu ini merupakan kartu yang berisi dokumen pribadi yang wajib dimiliki setiap orang yang menonton langsung laga Piala Dunia 2022 di Qatar.

Kartu Hayya sebenarnya semacam pengganti visa selama di Qatar, namun ada banyak keuntungan yang didapatkan pemegang Kartu Hayya. Untuk memperoleh Kartu Hayya, dokumen yang diperlukan tergolong tidak sulit.

Kamu perlu memenuhi berbagai persyaratan ketika mengajukan pembuatan Kartu Hayya. Berikut syaratnya, seperti dilansir situs Kemenlu RI.

Bagi fans internasional, harus memiliki tiket atau voucher 1+3 dari seseorang yang sudah memiliki Hayya Card atau Kartu Hayya.
Tiket 1+3 atau disebut Hayya with Me adalah fasilitas yang diberikan untuk pemegang Hayya Card dari negara luar Qatar, di mana ia bisa membagikan tiga kode voucher kepada keluarga atau teman yang tidak memiliki tiket pertandungan untuk mendaftar Hayya Card dengan biaya 500 riyal, khusus untuk anak di bawah 12 tahun tidak dikenakan biaya alias gratis.
Perlu dicatat, Hayya Card hanya berlaku sebagai izin masuk atau entry permit ke Qatar. Oleh karenanya, Anda juga harus memiliki tiket pertandingan jika ingin menyaksikan Piala Dunia 2022 Qatar.
Sementara itu, untuk pengunjung internasional, pastikan masa berlaku paspor masih berlaku hingga 22 Maret 2023. Selain itu, Anda juga harus sudah memesan akomodasi atau terdaftar sebagai pengguna fasilitas Matchday Visit.

Cara memperoleh Kartu Hayya

Usai memenuhi syarat di atas, kamu dapat segera mendaftar di aplikasi Hayya. Berikut panduannya mendapatkan Kartu Hayya.

1. Buka situshttps://hayya.qatar2022.qa/atau aplikasi Hayya to Qatar 2022
2. Buatlah akun Hayya atau menggunakan akun Fifa.com yang Anda miliki
3. Pilih kategori pengajuan Hayya Card
4. Unggah foto sesuai format yang diminta
5. Unggahlah salinan halaman utama paspor
6. Masukkan nomor HP dan kontak darurat yang bisa dihubungi
7. Periksa kembali data diri Anda yang sudah dimasukkan untuk meminimalisir kesalahan
8. Pilih Submit

Apabila pengajuan Hayya Card diterima, kamu akan mendapatkan notifikasi. Kamu bisa mengunduh Hayya Card lewat aplikasi Hayya to Qatar 2022 atau mencetak dalam bentuk fisik di Ali Bin Hamad Al Attiyah Arena (ABHA Arena) dan Doha Exhibition and Convention Centre.

Keuntungan bagi pemilik Kartu Hayya di Piala Dunia 2022 Qatar.

– Menjadi akses masuk ke dalam stadion Piala Dunia 2022
– Akses masuk gratis ke Arab Saudi tanpa visa tambahan
– Terhubung dengan 911 dalam keadaan darurat
– Akses gratis transportasi publik

(wiw/wiw)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts