Niat, Tata Cara, dan Keutamaannya

Suara.com – Bulan Rajab merupakan bulan yang mulia dan penuh berkah. Pada bulan ini, umat Muslim dianjurkan untuk banyak melakukan amalan-amalan baik salah satunya melaksanakan sholat sunnah Rajab.

Read More

Dalam Hadis menyebutkan, bulan Rajab juga menjadi bulan yang dimuliakan Allah SWT (bulan Haram) bersama dengan empat bulan lainnya yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Muharram. Adapun bunyi hadisnya sebagai berikut:

“Satu tahun itu terdiri dari 12 bulan, di antaranya 4 bulan Haram, tiga bulan berurutan, Zulkaidah, Zulhijjah, dan Muharram. Adapun Rajab yang juga merupakan bulannya kaum Mudhr, berada di antara Jumadil Akhir dan Sya’ban.” (HR Bukhari Muslim)

Pada bulan Rajab yang penuh kemuliaan ini, umat Muslim pun dianjurkan untuk melakukan sholat Sunnah. Nah bagi yang akan menunaikannya, berikut ini bacaan niat dan tata cara sholat sunnah Rajab.

Bacaan Niat Sholat Sunnah Rajab

 اُصَلِّي سُنَّةً رَجَبِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushallii sunatan rajaban rak’ataini lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat shalat sunnah Rajab 2 rakaat karena Allah ta’ala.”

Tata Cara Sholat Sunnah Rajab

Setelah mengetahui bacaan niatnya, pastikan juga untuk mengetahui tata cara sholatnya. Nah untuk selengkapnya, simak berikut ini tata cara sholat sunnah di bulan Rajab yang perlu kamu perhatikan.

  • Melaksanakan shalat sunnah minimal dua rakaat
  • Membaca niat
  • Membaca  surat Al Fatihan dilanjutkan dengan membaca surat Al-Ikhlas baik pada rakaat pertama maupun kedua
  • Membaca shalawat kepada baginda Rasulullah SAW sebanyak 10 kali.
  • Membaca doa Rajab
  • Setelah itu menyebutkan segala hajat kita

Untuk waktu Terakhir mengerjakan sholat sunnah di bulan Rajab yaitu pada tanggal terakhir bulan Rajab atau tanggal 30 Rajab. Shalat sunnah bisa dilaksanakan pada malam terakhir bulan Rajab atau tanggal 30 bulan Rajab.

Pada hari-hari terakhir bulan Rajab ini, selain melaksanakan sholat Sunnah, umat Muslim juga dianjukan untuk perbanyakan membaca dzikir. Adapun bacaan dzikir yang bisa diamalkan pada hari-hari terakhir bulan Rajab (21-30 Rajab) yaitu Subhanallahir rauf (minimal 100x)

Sebagai informasi tambahan, melaksanakan sholat sunnah di bulan Rajab ini memiliki sejumlah keutamaan. Adapun beberapa keutamaannya yaitu Allah SWT mengampuni segala dosanya dan Allah menaikkan 1000 derajat kepada setiap orang yang melaksanakannya.

Deminikan ulasan mengenai sholat sunnah Rajab  lengkap dengan bacaan niat, tata cara, dan waktu terakhir mengerjakan sholat sunnah di bulan Rajab. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Sumber: www.suara.com

Related posts