Niat Puasa Ganti Ramadhan di Bulan Rajab: Arab, Latin, dan Terjemahan

Ada berbagai keutamaan bagi muslim yang menjalankan puasa Syaban. Berikut niat puasa Syaban yang dapat dibaca sebelum melaksanakan saum sunah ini.


Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Bulan Ramadhan 1445 H tak lama lagi akan segera tiba. Jika Anda masih punya hutang puasa dan ingin menggantinya (qadha) di bulan Rajab ini, simak bacaan niat puasa ganti Ramadhan berikut ini.

Mengganti atau qadha puasa Ramadhan hukumnya adalah wajib. Karena itu, umat Islam harus menunaikan qadha sebelum bulan Ramadhan di tahun ini kembali datang.

Mengutip NU Online, ketentuan mengganti puasa Ramadhan wajib memasang niat puasa qadha di malam hari.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hal itu sebagaimana dijelaskan oleh Syekh Sulaiman Al-Bujairimi dalam Hasyiyatul Iqna’-nya sebagai berikut:

ويشترط لفرض الصوم من رمضان أو غيره كقضاء أو نذر التبييت وهو إيقاع النية ليلا لقوله صلى الله عليه وسلم: من لم يبيت النية قبل الفجر فلا صيام له. ولا بد من التبييت لكل يوم لظاهر الخبر.

Artinya: Disyaratkan memasang niat di malam hari bagi puasa wajib seperti puasa Ramadhan, puasa qadha, atau puasa nazar. Syarat ini berdasar pada hadits Rasulullah saw, “Siapa yang tidak memalamkan niat sebelum fajar, maka tiada puasa baginya.” Karenanya, tidak ada jalan lain kecuali berniat puasa setiap hari berdasar pada redaksi zahir hadis.”

Terkait mengganti puasa Ramadhan di bulan Rajab, ini boleh dilakukan. Meski dianjurkan memperbanyak puasa sunah di bulan Rajab, namun meng-qadha puasa Ramadhan tetap harus didahulukan karena hukumnya wajib.

Niat puasa ganti Ramadhan

Berikut ini bacaan niat puasa ganti Ramadhan yang bisa Anda baca di malam hari, lengkap dengan tulisan Arab dan Latin, serta terjemahnya.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an qadhā’I fardhi syahri Ramadhāna lillâhi ta’âlâ.

Artinya: Aku berniat untuk mengqada puasa bulan Ramadhan esok hari karena Allah Swt.

Setelah membaca niat puasa ganti Ramadhan pada malam hari, dapat dilanjutkan dengan sahur sebelum menjalankan puasa sehari penuh. Sahur dilaksanakan hingga sebelum azan salat Subuh.

Demikian bacaan niat puasa ganti Ramadhan yang bisa umat Muslim baca dan hafalkan. Semoga bermanfaat.

(tim/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts