Musim Hujan Jemuran Susah Kering, Ini 4 Cara Mencegah Bau Apek

Jamuran yang tak kunjung kering bikin baju mengeluarkan bau tak sedap. Berikut beberapa cara mencegah bau apek pada baju yang belum kering.

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Cucian di rumah semakin menumpuk. Tapi, akhir-akhir ini cuaca benar-benar tak bersahabat.

Jemuran yang tidak kering membuat baju bau apek. Padahal, baju-baju ini tidak hanya Anda pakai di rumah, tapi juga untuk acara di luar atau pergi bekerja.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bau apek pada jemuran yang tidak kering bisa hilang. Berikut caranya.

1. Pakai humidifier

Saat hujan, Anda tetap bisa menjemur pakaian di dalam ruangan. Namun, terkadang kondisi ruangan yang lebih lembap bisa membuat baju bau apek.

Agar pakaian tidak bau apek, gunakan humidifier untuk menghilangkan kelembapan berlebih dari udara di dalam ruangan. Menukil laman Express, cara ini juga bisa membuat cucian lebih mudah kering.

2. Cuci dengan air hangat, cuka, dan soda kue

Cuka putih bisa menghilangkan bau apek di pakaian. Gunakan juga air panas yang bisa membunuh bakteri penyebab bau apek.

Bukan hanya cuka dan air hangat, Anda juga bisa memanfaatkan soda kue. Soda kue, sebagaimana dikutip dari Style Degree, adalah pewangi kuat yang bisa menghilangkan bau tak sedap.

Tak cuma membunuh bakteri dan virus, asam asetat dalam cuka juga bisa membantu menetralkan bau yang menyengat.

Anda bisa mencampur air hangat dan cuka atau soda kue saat mencuci. Tapi ingat, periksa dulu apakah mesin cuci yang digunakan bisa menerima air hangat.

3. Peras dengan kuat

Saat Anda mencuci pakaian, pastikan mesin cuci disetel ke pengaturan putaran tinggi. Cara ini akan membantu menghilangkan kelebihan air sebanyak mungkin dari cucian.

Alternatifnya, Anda juga bisa menggunakan handuk untuk memeras kelebihan air. Letakkan cucian di atas selembar handuk kering, gulung dengan kencang. Ambil salah satu ujung handuk dan putar, teruskan sampai mencapai ujung lainnya.

4. Pakai pemanas

Jika pakaian tidak kering, keluarkan setrika dan papan setrika untuk mempercepat proses pengeringan. Anda juga bisa menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan pakaian.

(tst/asr)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts