Mulai Februari 2024, Bandara Internasional Abu Dhabi Punya Nama Baru

Pemerintah Abu Dhabi mengumumkan bahwa mulai 9 Februari 2024, bandara ini akan secara resmi dikenal sebagai Bandara Internasional Zayed.

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Salah satu pusat perjalanan utama di kawasan Timur Tengah, Bandara Internasional Abu Dhabi, kini memiliki nama baru.

Seperti dikutip dari Stuff, Kamis (2/11), Pemerintah Abu Dhabi mengumumkan bahwa mulai 9 Februari 2024, bandara ini akan secara resmi dikenal sebagai Bandara Internasional Zayed.

Abu Dhabi adalah ibu kota Uni Emirat Arab, dan perubahan nama bandara tersebut diperintahkan oleh Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kemungkinan besar nama baru tersebut merupakan penghormatan kepada ayahnya, mendiang Syeikh Zayed bin Sultan Al Nahyan, yang merupakan presiden sekaligus pendiri UEA.

Bandara ini baru saja membuka terminal baru senilai US$3 miliar, yang dikenal sebagai Terminal A. Terminal baru bandara ini akan mampu menangani 45 juta pelancong setiap tahunnya.

Terminal A akan menjadi pangkalan baru bagi maskapai penerbangan Etihad, yang berbasis di Abu Dhabi. Etihad mengoperasikan penerbangan komersial pertama dari terminal tersebut, EY224 ke New Delhi, India, pada tanggal 31 Oktober 2023.

Secara total, 28 maskapai penerbangan akan beroperasi dari terminal tersebut. Terminal baru Bandara Internasional Zayed juga sempat muncul dalam film Mission: Impossible – Dead Reckoning Part One awal tahun ini.

Gedung baru terminal ini juga akan memiliki 163 gerai ritel, gerai makanan dan minuman, dua spa, dan hotel dengan 138 kamar untuk dinikmati pelancong yang singgah.

Upacara pembukaan resmi terminal baru akan berlangsung pada 9 Februari tahun depan, hari yang sama ketika bandara tersebut mulai menggunakan nama barunya.

Bandara ini merupakan bandara terbesar kedua di UEA setelah Bandara Internasional Dubai, yang mampu menyambut 66 juta penumpang pada tahun 2022.

(wiw)


[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts