Mitsubishi Fuso Pertimbangkan Produksi Truk Listrik eCanter di Indonesia, Asal…

Suara.com – PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), pemegang merek Mitsubishi Fuso di Indonesia, mempertimbangkan untuk memproduksi truk listrik eCanter di Indonesia.

Wakil Direktur Penjualan dan Pemasaran KTB, Aji Jaya di Jakarta pada pekan ini mengatakan pihaknya akan melakukan studi mempelajari kesiapan memproduksi eCanter di Indonesia jika diminta oleh pemerintah, sehingga truk listrik itu bisa menikmati fasilitas subsidi.

Read More

Diketahui kendaraan listrik yang bisa menikmati subsidi pemerintah adalah yang memiliki Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) minimal 40 persen. Adapun eCanter masih diimpor dari Jepang secara utuh.

“Ya, betul (kemungkinan permintaan produksi lokal), kalau memang itu permintaan atau syarat dari pemerintah, kita harus studi lagi kesiapannya,” kata Aji.

Sebelumnya Aji mengatakan KTB berharap pemerintah juga memberikan subsidi untuk truk listrik.

Nestlé dan KTB berkolaborasi mencoba penggunaan truk listrik distribusi Nestlé Indonesia [PT KTB].

“Untuk subsidi listrik, motor sudah didukung, bus sudah didukung, mobil penumpang sudah juga. Truk belum kelihatan, kita masih menunggu. Kita juga berusaha bagaimana kita bisa mendapat dukungan dari pemerintah,” ujar Aji Jaya.

Aji mengatakan mereka telah melakukan komunikasi dan mengajukan proposal terkait permohonan subsidi truk listrik kepada pemerintah dan instansi terkait.

“Minimal sama (dukungan subsidi/insentif) dengan yang diberikan ke jenis kendaraan listrik lainnya, ya, karena kalau semangatnya adalah udara bersih, kan, itu kontribusinya dari kendaraan listrik pastinya,” Aji menambahkan.

eCanter meluncur 2024

Sebelumnya diwartakan eCanter akan diluncurkan sesuai jadwal, yakni pada tahun 2024 mendatang di Indonesia. Aji Jaya menyebut rencana peluncuran truk listrik itu belum berubah.

“Sejauh ini masih sesuai rencana untuk persiapan itu. Banyak hal yang perlu disiapkan misalnya after sales, paralel dengan infrastruktur,” kata Aji.

Lebih lanjut ia mengatakan KTB telah melakukan uji coba Proof of Concept (PoC) menggunakan eCanter tipe 1.1 dengan sejumlah perusahaan untuk memastikan truk listrik itu layak digunakan di Indonesia. Beberapa perusahaan yang telah mencoba eCanter, menurut Aji, di antaranya Nestle, BLog, Pos Indonesia, hingga GoTo.

Truk listrik eCanter generasi terbaru dari Fuso meluncur pada Rabu (7/9/2022). Akan dijual di Indonesia. [Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation]
Truk listrik eCanter generasi terbaru dari Fuso meluncur pada Rabu (7/9/2022). Akan dijual di Indonesia. [Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation]

“Sudah kita uji coba di beberapa pelanggan besar kita, ada yang sudah mencapai 10.000 kilometer, pasti kita akan tanya bagaimana performanya,” Aji menambahkan.

Generasi terbaru dari Mitsubishi Fuso eCanter dikenalkan dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 Agustus lalu. Truk itu tampil perdana di Indonesia setelah diluncurkan di Jepang pada September tahun 2022.

Next Generation eCanter hadir dengan eAxle, teknologi canggih menggunakan teknologi driveline ringkas tanpa propeller shaft. Beberapa keunggulan eAxle adalah biaya perawatan yang lebih rendah, mudah diservis, halus, gesit dan akselerasi yang mulus.

Adapun Next Generation eCanter memiliki tiga pilihan ukuran baterai yang akan menyesuaikan dengan kebutuhan dari konsumen, yaitu ukuran S, M dan L yang menghasilkan tenaga dan jangkauan jarak berbeda dalam sekali pengisian. Sebagai gambaran, baterai eCanter ukuran M, mampu menempuh jarak berkendara 120-150 kilometer.

Sumber: www.suara.com

Related posts