Minum Pakai Sedotan Bisa Bikin Keriput Menumpuk?


Jakarta, CNN Indonesia

Coba tengok gaya minum para selebriti yang sering memakai sedotan. Ketika minum pakai sedotan, biasanya mereka tidak minum dengan posisi sedotan di bagian depan melainkan dengan menggigit sedotan di bagian depan sehingga menyerupai duck face. 

Bukan gara-gara terlihat imut, tapi gara-gara takut area bibir menua lebih cepat dan keriput. Apa hubungannya sedotan dengan keriput? Benarkah sedotan bisa menyebabkan keriput?

Banyak orang di internet yang khawatir penggunaan sedotan bisa menyebabkan kerutan dan garis halus di sekitar mulut. Coba cek di atas bibir Anda, apa ada kerutan gara-gara sedotan?


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut Allure, minum sedotan secara rutin bisa menyebabkan keriput.

“Saat Anda menggunakan sedotan, Anda mengerucutkan bibir berulang kali, sehingga menyebabkan munculnya kerutan perioral lebih awal,” kata dokter kulit bersertifikat Dhaval Bhanusali. 

Bhanusali menjelaskan bahwa kerutan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk terbentuk, namun jika Anda sering menggunakan sedotan maka akan membuat Anda lebih cepat keriput.

“Anda mungkin akan lebih cepat melihatnya di sekitar mulut jika sering menggunakan sedotan.”

Dokter kulit lainnya, Lily Talakoub menyebut lebih lanjut bahwa bukan perkara alat minum atau sedotan yang membuat Anda cepat keriput. Lily menyebut gerakan “mengerutkan bibir secara teratur” saat menyedot minuman ini yang akan membuat keriput. 

Jadi apakah sedotan menyebabkan keriput?

Sekali lagi, Gerakan berulang-ulang dari otot-otot mulut yang menekuk di tempat yang sama dapat menyebabkan kulit Anda berkerut. Ini mirip dengan bagaimana garis ekspresi di wajah Anda berkembang.

Otot mulut tertentu yang Anda gunakan saat menyeruput sedotan disebut orbicularis oris Ini adalah otot yang sama yang memungkinkan kita mengerucutkan bibir untuk bersiul, memberikan ciuman, dan sebagainya.

“Penggunaan otot ini melipat kulit yang seiring waktu sering kali mulai meninggalkan kerutan di kulit. Faktanya, gerakan mengerutkan bibir yang sama juga menyebabkan perokok mengembangkan apa yang umumnya dikenal sebagai garis perokok di sekitar mulut mereka,” kata dokter kulit Marisa Garshick.

Begitu keriput terbentuk, mereka akan tetap tinggal. Semakin Anda [mengerutkan bibir], semakin kuat otot dan semakin dalam garisnya. 

“Setiap kali Anda mengerucutkan bibir untuk memakai sedotan, otot-otot di sekitar mulut Anda menekuk dan membentuk garis-garis,” jelasnya dikutip dari berbagai sumber.

Bagaimana cara mencegah kerutan akibat minum pakai sedotan?

Jika Anda ingin mencegah kerutan kecil di sekitar mulut Anda, mungkin lebih mudah untuk menghindari sedotan sama sekali. Setidaknya, jangan menggunakan sedotan setiap hari dan usahakan untuk tidak mengerucutkan bibir saat melakukannya. 

Selain itu, menggunakan sedotan di sisi samping bibir disebut-sebut akan membantu untuk mengurangi risiko kerutan. Ketika memakai sedotan di bagian samping mulut, mulut tak akan mengerucut dan membentuk keriput.

(chs/chs)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts