Minat Pindah ke Italia dan Dapat Rp482 Juta? Ke Presicce Saja

Kota Presicce menawarkan uang bagi siapa saja yang mau pindah ke sana. Berminat?

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Pemerintah kota Presicce di Italia menawarkan tunjangan sebesar 30 ribu euro (sekitar Rp482 juta) bagi siapapun yang berkenan untuk pindah dan tinggal di sana.

Tunjangan tersebut ditujukan untuk calon penduduk yang harus membeli bangunan kosong dan mendirikan tempat tinggal permanen di kota yang terletak di kawasan Puglia, tenggara Italia itu.

“Kami menawarkan lebih dari 30 ribu euro untuk orang yang berkenan pindah ke sini dan membeli bangunan-bangunan kosong yang terbengkalai di sini,” ungkap otoritas lokal Alfredo Palese kepada CNN, Jumat (18/11).

“Total dana itu akan dibagi dua: sebagian akan digunakan untuk membeli rumah tua dan sebagian lagi untuk menata ulang, jika diperlukan,” lengkap keterangan tersebut.

Penawaran ini bukan dilakukan tanpa alasan. Pasal, angka kelahiran di kota kecil ini sangatlah sedikit dan berkurang pada tiap tahunnya.

Selain itu, banyak bangunan dan permukiman tua tak berpenghuni yang sudah lama tak diurus oleh para pemiliknya yang lama.

Oleh karena itu, pihak pemerintah kota Presicce berharap jika tunjangan sebesar 30 ribu euro tersebut dapat memberikan nafas dan harapan baru untuk kehidupan masa depan di kota pinggir pantai tersebut.

“Banyak sekali rumah kosong di kawasan bersejarah yang dibangun sebelum 1991, kami sangat ingin sekali melihat itu hidup lagi dengan para penduduk baru,” jelas Palese.

“Sangat menyedihkan menyaksikan bagaimana kota tua yang penuh sejarah serta arsitektur dan produk seni yang menakjubkan ini kosong secara perlahan,” lengkapnya.

Menurut Palese, detail serta syarat dan kesepakatan untuk tunjangan itu sedang dirancang. Pihak berwenang juga siap untuk meluncurkan aplikasi dalam beberapa minggu mendatang ketika informasi sudah siap tersedia di situs resmi kota.

Upaya untuk memikat lebih banyak penduduk pada mulanya sudah dilakukan sejak Presicce bergabung dengan kota kecil tetangga, Acquarica.

Merger yang telah dilakukan sejak 2019 itu juga telah mewarisi sejumlah uang ekstra untuk memastikan proyek serupa dapat berlanjut selama bertahun-tahun yang akan datang.

“Setelah merger, sesuai hukum Italia, wilayah kami yang lebih luas akan diberkati dengan lebih banyak dana publik, kira-kira 1 juta euro per tahun untuk beberapa tahun ke depan, yang ingin kami investasikan untuk merevitalisasi distrik lama,” kata Palese.

Usai merger, Presicce dan Acquarica sekarang memiliki sekitar 9.000 penduduk, namun hanya setengah dari populasi itu yang mau tinggal di wilayah yang lebih tua.

Balai kota telah meluncurkan skema lain untuk memikat lebih banyak penduduk, termasuk tunjangan pajak untuk mendirikan kegiatan bisnis baru dan tunjangan untuk bayi bagi keluarga dengan anak-anak.

Agar memenuhi syarat untuk insentif 30 ribu euro tersebut, pembeli harus mengambil tempat tinggal di Presicce dan membeli salah satu pilihan properti yang dibangun sebelum tahun 1991, yang telah dipetakan oleh pihak berwenang.

Menurut Palese, harga rumah di sana berkisar mulai dari 500 euro per meter persegi. Baginya, uang sebesar 25 ribu euro sudah cukup untuk mengamankan tempat tinggal seluas 50 meter persegi yang membutuhkan beberapa perbaikan.

Presicce merupakan kota kuno yang telah dibangun sejak abad pertengahan, ketika permukimannya saat itu tersebar di sekitar benteng Saracen.

Mayoritas bangunan tua itu dibangun oleh para biarawan yang menggali ruang bawah tanah sebagai tempat perlindungan serangan bajak laut.

Sejak masa renaisans, Presicce dikenal sebagai wilayah yang makmur dengan kebun zaitun subur. Selain itu, wilayah ini yang juga terkenal dengan perdagangan anggur, keju, dan ternaknya yang berkualitas.

Dan sebagai bonus tambahan, calon penduduk baru Presicce tidak hanya dianugerahi 30 ribu euro sebagai tunjangan.

Lokasi geografis Presicce yang luar biasa dikelilingi oleh alam daerah Salento yang dikelilingi oleh pantai pasir putih dan perairan jernih yang hangat di kawasan pantai Santa Maria di Leuca, berhadapan dengan laut Mediterania.

(lth)






Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts