Menu Diet Tiongkok, Diklaim Bisa Turunkan BB Drastis dalam 5 Hari

Daftar Isi



Jakarta, CNN Indonesia

Diet Tiongkok jadi perbincangan dalam beberapa hari ke belakang. Diet ini viral di media sosial.

Diet ini diklaim dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Berat badan bahkan disebut-sebut bisa turun hingga 10 kilogram dalam waktu hanya lima hari.

Mengutip Daily Vanity, diet ini viral di platform media sosial China, Xiaohongshu. Video ini diunggah oleh seorang wanita yang mengaku berat badannya berkurang hingga 10 kilogram dalam waktu kurang dari seminggu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Diet ini fokus pada pola makan di mana seseorang hanya mengonsumsi satu jenis makanan dalam sehari. Dengan demikian, dalam lima hari, seseorang akan menyantap satu jenis makanan yang berbeda.

Berikut menu diet Tiongkok yang viral di media sosial.

1. Telur

Pada hari pertama, seseorang disarankan mengonsumsi telur. Anda bisa mengonsumsi 2-3 telur rebus untuk sarapan, telur ceplok atau dadar untuk makan siang, dan telur rebus untuk makan malam.

Telur merupakan salah satu sumber protein terbaik. Telur mengandung banyak nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh.

American Heart Association (AHA) merekomendasikan batas aman konsumsi tujuh butir telur dalam seminggu. Batas ini ditentukan untuk menghindari potensi lonjakan kolesterol akibat asupan telur berlebih.

2. Air

Pada hari kedua, diet ini hanya memperbolehkan seseorang mengonsumsi cairan sepanjang hari. Anda dilarang mengonsumsi makanan padat.

Tak hanya air putih, Anda juga bisa mengonsumsi minuman lain seperti susu, yogurt, atau kopi. Usahakan agar minuman tak mengandung gula tambahan.

3. Daging




Japanese man slicing meatIlustrasi. Daging, menu hari ketiga dalam diet Tiongkok. iStockphoto/kazuma seki)

Pada hari ketiga, diet ini memperbolehkan asupan daging, termasuk ayam, sapi, ikan, atau seafood lainnya.

Namun demikian, perhatikan cara masak daging yang benar. Pilih cara masak yang sehat seperti dikukus, dipanggang, atau ditumis, alih-alih dengan menggorengnya.

4. Buah

Buah jadi menu pada hari keempat dalam diet Tiongkok. Beberapa buah yang disarankan di antaranya apel, jeruk, anggur, ceri, semangka, dan delima.

Hindari buah dengan kandungan gula dan kalori tinggi seperti mangga dan durian.

5. Sayuran

Pada hari kelima, Anda dianjurkan hanya mengonsumsi sayur seharian. Sayuran memberikan kebutuhan serat, vitamin, mineral, dan sedikit karbohidrat.

Meski diet ini disebut menjanjikan, namun Anda tetap perlu berhati-hati pada pola diet yang tidak seimbang. Selain itu, perlu diingat juga bahwa penurunan berat badan jumlah besar dalam waktu singkat juga bukan pilihan yang tepat.

Penurunan berat badan normal sendiri akan berbeda pada masing-masing individu. Umumnya, diet yang sehat menurunkan berat badan 0,5 – 1 kilogram per minggu.

(tim/asr)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts