Mengintip Detail Royal Wedding 10 Hari Pangeran Abdul Mateen

Pangeran Abdul Mateen akan menikah dengan Anisha Rosnah pada hari ini, Kamis (11/1). Yuk, intip ragam detail royal wedding di Brunei Darussalam berikut ini!


Read More

Jakarta, CNN Indonesia

Pangeran Abdul Mateen akan melangsungkan akad nikah dengan Anisha Rosnah pada hari ini, Kamis (11/1). Namun, kemeriahan pernikahan keduanya masih akan berlangsung hingga 16 Januari 2024 nanti karena digelar selama sepuluh hari.

Yuk, intip ragam detail royal wedding di Brunei Darussalam berikut ini!

Rangkaian pesta putera Sultan Brunei ini secara resmi telah dimulai pada akhir pekan di awal 2024. Pada Minggu (7/1) lalu, keluarga menggelar Khataman Al-Qur’an.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Anisha memamerkan tampilan pengantin pertamanya, yang dibagikan di Instagram oleh desainer Teh Firdaus dengan foto oleh fotografer Muash Rosman.

“Saya merasa terhormat bisa berperan dalam pernikahan kerajaan Brunei,” tulis sang desainer dalam captionnya tiga hari lalu.

“Saksikan keanggunan Yang Mulia Dayang Anisha Rosnah Adam Isa Kalebic dalam balutan baju kurung buatan kami yang terbuat dari tenunan Brunei yang rumit, saat ia menampilkan keanggunan dalam acara Khatam Qur’annya.”

Dalam foto tersebut, Anisha tampil super anggun dengan balutan baju kurung off-white dengan aksen bordir dan tenun. Keanggunannya kian terpancar dengan hijab bergaya Melayu berwarna senada.

[Gambas:Instagram]

Upacara Berbedak Mandi

Usai khatam Qur’an, calon pengantin menggelar upacara Berbedak Mandi. Ini adalah upacara tradisional Brunei yang biasa digelar pada dekat hari pernikahan.

Dalam upacara ini, calon pengantin pria dan wanita digosok oleh anggota keluarga dan kerabat mereka dengan menggunakan bedak lulur tradisional yang melambangkan kesuburan dan kekayaan.

Dalam foto yang dibagikan Rosman pada Rabu (10/1) kemarin, Anisha tampil elegan dengan gaun serba putih lengan panjang dibalut veil warna senada karya Teh Firdaus sebelum upacara.

Upacara ini digelar khidmat di Istana Nurul Iman. Dilaporkan People, alih-alih mengenakan busana pengantin berwarna putih, Anisha memilih busana berwarna merah dan hiasan kepala yang menjuntai ke atas saat upacara berlangsung.

Rangkaian acara pernikahan

[Gambas:Instagram]

Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah sudah saling kenal dari kecil. Mateen adalah putra keempat dan anak ke-10 Sultan Brunei, sedangkan Anisha merupakan cucu dari penasihat khusus Sultan, Pehin Dato Isa.

Keduanya dikabarkan telah berkencan selama beberapa tahun sebelum merencanakan pernikahan.

Hari ini, mereka akan mengucap janji suci pernikahan di Masjid Sultan Omar Ali Saifuddien. Kemudian pada 14 Januari, mereka bakal menggelar resepsi dan jamuan makan kerajaan dengan tamu-tamu kehormatan dari berbagai negara.

Meski belum ada keterangan resmi, namun Pangeran William dan Kate Middleton dikabarkan bakal hadir di jamuan resepsi. Hal ini mengingat pada 2011 Pangeran Mateen dan sang ayah menghadiri royal wedding Kate-William di Westminster Abbey.

Dalam potret undangan yang diposting Malaysia Royal Family, berikut ini rangkaian acara pernikahan Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah yang akan berlangsung selama sepuluh hari:

7 Januari: Pembukaan rangkaian pernikahan dengan Majlis Istiadat Bersuruh Diraja

8 Januari 2024: Majlis Istiadat Membuka Gendang Jaga-Jaga.

9 Januari 2024: Majlis Istiadat Menghantar Tanda Diraja dan Pertunangan Diraja dan Majlis Istiadat Menerima Tanda Diraja dan Pertunangan Diraja.

10 Januari 2024: Majlis Istiadat Berbedak Pengantin Diraja

11 Januari 2024: Majlis Istiadat Akad Nikah Diraja alias ijab kabul.

14 Januari 2024: Majlis Istiadat Bersanding Pengantin Diraja.

15 Januari 2024: Majilis Persantapan Diraja.

16 Januari 2024: Majilis Istiadat Membaca Doa Selamat dan Menutup Gendang Jaga-Jaga

(pua/pua)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts