Mengenal Pura Mangkunegaran, Lokasi Ngunduh Mantu Kaesang-Erina

Pura Mangkunegaran adalah istana resmi Kadipaten Mangkunagaran, sekaligus tempat kediaman dari para Adipati Mangkunagaran.

Jakarta, CNN Indonesia

Read More

Pura Mangkunegaran di Solo, Jawa Tengah, dipilih untuk menjadi lokasi acara ngunduh mantu putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono. Acara ngunduh mantu sendiri akan digelar pada Minggu, 11 Desember 2022, sedangkan pernikahannya berlangsung Sabtu (10/12/2022).

Pesta rakyat meriah saat acara ngunduh mantu bisa dihadiri masyarakat umum. Beberapa menteri terlihat turut meninjau Pura Mangkunegaran di Solo untuk memastikan persiapan sebelum menggelar acara tersebut.

“Alhamdulillah kesiapan dari Pura Mangkunegaran yang dipimpin langsung oleh Kanjeng Gusti (Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo) saya rasa sudah sangat prima. Tinggal nanti kita perbaikan hal-hal yang kecil,” jelas Menteri BUMN Erick Thohir usai meninjau lokasi, Minggu (20/11).

Kesiapan Pura Mangkunegaran dalam menggelar acara ngunduh mantu Kaesang dan Erina dipimpin langsung Mangkunegara X. Pura Mangkunegaran dikenal sebagai bangunan yang ikonik di Jawa Tengah.

Di bangunan ini juga terdapat museum yang bisa dikunjungi oleh wisatawan. Sebenarnya, Pura Mangkunegaran adalah istana resmi Kadipaten Mangkunagaran, sekaligus tempat kediaman dari para Adipati Mangkunagaran.

Lokasi Pura Mangkunegaran terletak di Jalan Ronggowarsito No. 83, Keprabon, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah. Jarak pura ini hanya 2 kilometer dari Stasiun Balapan, Solo.

Bahkan, Solo Balapanternyata didirikan di atas lahan bekas arena pacuan kuda yang merupakan Alun-Alun Utara milik Pura Mangkunegaran.

Seperti dikutip dari visitjawatengah, Pura Mangkunegaran dibangun pada 1757 oleh Raden Mas Said atau lebih terkenal dengan nama Pangeran Samber Nyawa, yang kemudian menjadi Pangeran Mangkunegoro I.

Pura Mangkunegaran memiliki arsitektur Jawa Kuno, Joglo, dengan semua bangunannya dibuat dari kayu. Secara arsitektur, kompleks bangunan kuno ini punya bagian-bagian yang mirip keraton, seperti memiliki pamédan, pendapa, pringgitan, dalem, dan keputrèn.

Seluruh kompleks Pura Mangkunegaran dikelilingi oleh dinding, cuma bagian pamédan yang diberi pagar besi. Di lokasi ini juga ada Pendopo Ageng serta halaman yang luas.

(wiw/wiw)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts