Mengenal Kota Kelahiran 3 Capres, Anies, Prabowo, dan Ganjar


Jakarta, CNN Indonesia

Pemilihan presiden atau Pilpres 2024 akan berlangsung pada 14 Februari mendatang. Dalam Pilpres kali ini terdapat tiga kandidat calon presiden atau capres yakni Anies Baswedan dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto dengan nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo dengan nomor urut 3.

Ketiga kandidat capres ini memiliki latar belakang masing-masing. Salah satu yang paling kentara adalah perbedaan tempat kelahiran mereka.

Yang menarik, ketiganya lahir di tiga provinsi yang berbeda. Anies dilahirkan di Kuningan, Jawa Barat, sedangkan Prabowo lahir di Jakarta. Adapun Ganjar dilahirkan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kuningan, yang merupakan tempat kelahiran Anies, dikenal dengan julukan sebagai “Kota Kuda”. Kuda adalah ikon dari Kuningan. Kuningan adalah sebuah kota dan kabupaten yang terletak di bagian timur Jawa Barat.

Letaknya antara Cirebon dan Tasikmalaya, sekitar 200 km sebelah timur Jakarta. Kuningan juga terletak di sebelah timur Gunung Cereme/Ciremai, gunung tertinggi di Jawa Barat.

Sederet objek wisata menarik bisa kamu temui di Kuningan di antaranya, Telaga Biru Cicerem, Cibulan, Woodland, hingga bangunan bersejarah Gedung Perundingan Linggarjati.

Sementara itu, Jakarta sebagai kota kelahiran Prabowo, tentu kamu tidak asing dengan segala yang ada di ibu kota. Dari mulai transportasinya, jalanannya, hingga tempat wisata yang ada di Jakarta.

Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Kebun Binatang Ragunan, dan Monumen Nasional (Monas) adalah tempat-tempat wisata ikonik yang telah lama ada di Jakarta.

Lalu, bagaimana dengan Kabupaten Karanganyar, yang merupakan tempat kelahiran Ganjar? Ternyata Karanganyar pun memiliki kekhasannya tersendiri.

Kabupaten Karanganyar terletak di lereng barat gunung Lawu dengan Kabupaten Sragen di utara, Kabupaten Boyolali dan kota Surakarta di barat, Kabupaten Wonogiri dan Sukoharjo di selatan, Kabupaten Magetan dan Ngawi di sebelah timur.

Kabupaten Karanganyar dijuluki sebagai Bumi Intanpari, yang merupakan akronim dari Industri, Pertanian dan Pariwisata. Wisata di Karanganyar yang terkenal antara lain, Air Terjun Grojogan Sewu, Air Terjun Jumog, Candi Cetho, The Lawu Park, hingga Taman Pancasila.

Nah, jika belum memiliki rencana untuk menghabiskan libur panjang kali ini, barangkali kamu tertarik menjelajah tempat-tempat wisata di daerah kelahiran tiga kandidat capres di Pilpres 2024.

(wiw)

[Gambas:Video CNN]



Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts