Melihat Transformasi Sarinah, Bukan Hanya sebagai Pusat Belanja

Sebagai cagar budaya, Sarinah kini tampil dengan konsep mal tanpa pagar. Selain itu, Sarinah yang baru memiliki ruang terbuka hijau.
Jakarta, CNN Indonesia

Sejak kembali dibuka untuk umum pada 21 Maret 2022 setelah direnovasi besar-besaran, Sarinah memiliki wajah yang baru. Konsepnya menjadi lebih kekinian sebagai community mall dengan slogan “Panggung Karya Indonesia”.

Read More

Bentuk mal pertama di Indonesia ini pun tampak lebih cantik. Sebagai cagar budaya, Sarinah kini tampil dengan konsep mal tanpa pagar. Selain itu, Sarinah yang baru memiliki ruang terbuka hijau.

Ruang terbuka hijau itu dihadirkan untuk tempat bersantai pengunjung. Mengusung semangat baru, kamu juga dapat menikmati pertunjukan musik di mal yang berada di Jalan MH Thamrin ini.

Desain interior Sarinah setelah direnovasi lebih menonjolkan unsur earth tone berupa kayu dan gold, yang bisa pengunjung lihat dari banyaknya ukiran dan etalase di langit-langit pada sejumlah lantai yang terbuat dari kayu.

Ada pula Skydeck di lantai tiga Sarinah, yang dapat difungsikan sebagai ruangan kegiatan outdoor untuk komunitas seperti pagelaran seni dan musik, pemutaran film, expo, hingga pop up bazaar. Sarinah bukan lagi hanya sebagai pusat belanja.


Sky deck di Sarinah, Jakarta. (Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Pengalaman belanja kamu di Sarinah kian eksklusif dengan penerangan lampu yang bernuansa hangat. Nuansa etnik dan budaya yang kental tetap dipertahankan, namun ditambah sentuhan modern yang estetik.

Setelah renovasi, luas Sarinah sekarang menjadi 32.506,6 meter persegi. Transformasi lainnya setelah direnovasi adalah kehadiran karya dari seniman Indonesia yang tampak meramaikan ruang-ruang di mal yang dibangun pada tahun 1960-an ini.

Karya seni itu sudah dikurasi oleh kurator seni ternama di Distrik Seni. Karya seni yang menyita perhatian yakni sejumlah lukisan tokoh-tokoh penting dalam nuansa monokrom yang di mengelilingi dan berada di dekat eskalator lantai 3.

Di Sarinah, pengunjung dapat melihat relief yang menjadi ikon heritage yang menggambarkan aktivitas jual beli di masa lampau. Kamu juga bisa menemukan eskalator pertama di Indonesia di dalam gedung Sarinah. Kolam pantul dan tangga amphitehater jadi atraksi menarik lainnya di Sarinah.


Pengunjung berfoto di instalasi relief saat pembukaan kembali pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta, Rabu (24/3/2022). CNN Indonesia/Andry NovelinoInstalasi relief di Sarinah, Jakarta. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)

Bila kamu ingin menikmati setiap langkah sambil mengenal lebih dekat Sarinah, ada tur yang dapat kamu manfaatkan. Di Sarinah Tour, kamu diajak berkeliling oleh guide yang akan menjelaskan seluk-beluk Sarinah, termasuk sejarahnya.

Kalau kamu sebagai warga Jakarta, tidak lengkap rasanya jika belum menyaksikan langsung transformasi Sarinah yang futuristik. Akhir pekan boleh jadi waktu yang tepat untuk melancong ke mal legendaris tersebut.

(wiw/wiw)



[Gambas:Video CNN]




Sumber: www.cnnindonesia.com

Related posts