Mahfud MD Ingatkan Jangan Gunakan Kekuasaan dan Kewenangan untuk Mengatur Pemilu

SuaraJatim.id – Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) Mahfud MD mengingatkan kepada peserta Pemilu untuk tidak memanfaatkan kekuasan dan kewenangan.

Read More

Imbauan tersebut disampaikan pria yang menjabat sebagai Menko Polhukam itu saat menghadiri acara relawan di Grha Mahameru Surabaya, Sabtu (11/11/2023).

“Di Surabaya ini saya ingin menyerukan, hendaknya masyarakat menyongsong dan melaksanakan Pemilu dengan jujur dan adil. Luber jurdil, sesuai dengan ketentuan Undang-undang Dasar. Itu hak konstitusional,” ujarnya dikutip dari Beritajatim.com–jaringan Suara.com.

Dia juga meminta agar Pemilu yang diselenggarakan pada tahun depan tersebut dapat berjalan tanpa ada penipuan dan paksaan. Semuanya harus transparan, jujur, dan adil.

“Jangan sampai ada pihak yang menggunakan kekuasaan dan kewenangannya untuk mengatur jalannya dan hasilnya Pemilu 2024. Saya ingin pemilu ini berjalan dengan transparan, agar menghasilkan pemimpin yang amanah sesuai keinginan dan kebutuhan rakyat,” tukasnya.

Pemilu yang berjalan dengan kecurangan menghasilkan pemimpin tak berkah. Dampaknya, negara tidak akan bisa mencapai kemajuan, ketentraman, dan kesejahteran.

“Penipuan di dalam pemilu itu tidak akan pernah memberi berkah. Kalau Indonesia melahirkan pemimpin karena kecurangan di dalam pelaksanaan pemilu, maka Indonesia tidak akan pernah baik,” ujarnya.

Mahfud MD juga menyinggung mengenai motto demokrasi Indonesia, yakni ‘vox populi vox dei’ atau ‘suara rakyat adalah suara Tuhan’. Menurutnya, ungkapan tersebut mempunyai arti mendalam.

“Ingat, Vox populi vox dei, suara rakyat itu adalah suara Tuhan. Tapi artinya rakyat bukan sama dengan Tuhan. Itu artinya Tuhan akan selalu membela rakyat yang memperjuangkan kebenaran. Itu arti Vox populi vox dei. Oleh sebab itu, siapa pun yang melawan aspirasi rakyat, yang menekan rakyat dengan cara tidak fair, maka aspirasi masyarakat akan mencari jalannya sendiri untuk menuju kemenangannya,” bebernya.

Sumber: jatim.suara.com

Related posts